Wallpaper Dinding Minimalis Pada Rumah Modern Dan Minimalis

Posted on
Wallpaper Dinding Minimalis Pada Rumah Modern Dan Minimalis
Rate this post

Wallpaper dinding minimalis, apakah anda sudah mengetahui yang dimaksut dengan wallpaper? Wallpaper merupakan bahan yang dimanfaatkan untuk mendekorasi interior suatu rumah atau bangunan lainnya. Perlu kita ketahui bersama, bahwa wallpaper sticker dengan wallpaper dinding itu memiliki dua sifat yang berbeda. Wallpaper stiker bersifat temporary, karena seperti stiker pada umumnya dan lem yang digunakan pun bukan lem khusus. Serta pemasangannya hanya dibeberapa bagian dinding ruangan saja. Sedangkan wallpaper dinding memiliki sifat yang lebih tahan lama, dan pemasangannyapun menggunakan lem yang khusus. Wallpaper dinding ini , biasanya dipasang di dinding secara keseluruhan.

Dalam memproduksinya, pembuatan wallpaper ini menggunakan beberapa teknik pencetakan yaitu digital printing, sutra sablon, gravure, percetakan permukaan, serta percetakan rotary. Wallpaper dinding minimalis ini tidak semuanya bertekstur, ada juga yang polos sehingga bisa dilukis. Penjualan dari wallpaper ini pada umumnya secara gulungan (roll). Dengan adanya wallpaper pada hunian minimalis anda, mampu membuat tampilan suatu ruangan menjadi nampak modern, mewah, dan elegan. Banyaknya motif wallpaper yang tersedia, memudahkan anda dalam memilih sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

wallpaper dinding minimalis

Macam-macam wallpaper dinding

Di bawah ini kami akan menjabarkan mengenai beberapa macam jenis wallpaper dinding yang tersedia di pasaran, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Wallpaper non woven

Wallpaper dinding jenis non woven ini memang jarang ditemui di Indonesia. Bahan material pembuatan wallpaper ini adalah non woven itu sendiri. Wallpaper ini memiliki kualitas yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan wallpaper jenis lainnya. Harganya yang bisa dikatakan mahal sebanding dengan kualitas dan keuntungan yang ditawarkan oleh produk ini. Non woven ini dapat dipakai lebih dari satu kali, dan dalam memasangnya pun memerlukan keahlian yang khusus karena rumit.

  • Wallpaper vinyl

Berbeda dengan wallpaper non woven, jenis vinyl ini memang lebih banyak dijumpai di Indonesia. Terbuat dari bahan material vinyl, dan memiliki harga cukup ekonomis. Wallpaper vinyl memang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini dikarenakan harganya yang murah tetapi kualitas tidak murahan. Penggunaan dari wallpaper ini bisa bertahan hingga 5 tahun.

  • Wallpaper fabric backing

Wallapaper fabric backing merupakan wallpaper yang memiliki harga selangit dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal ini dikarenakan bahan pembuatannya yang berasal dari rajutan fabric yang memiliki ketebalan tersendiri. Wallpaper ini biasanya digunakan di dalam istana raja. Jika ingin membelinya pun, kita harus memesan terlebih dahulu secara langsung ke tempat produksi. Sebab, wallpaper jenis ini tidak diproduksi banyak atau bisa dikatakan limited edition. Dalam proses pembuatannya pun sangat rumit, dan lem perekat yang digunakan juga bukan lem biasa.

  • Wallpaper pure backing

Jenis wallpaper yang terakhir adalah pure backing. Wallpaper satu ini bahan material pembuatannya adalah kertas. Sehingga jenis pure backing ini mudah sekali rusak dan sobek, dikarenakan bentuknya yang tipis. Penggunaan dari wallpaper pure backing ini hanya bersifat temporary, sebab tidak tahan lama.

Beberapa cara memilih wallpaper dinding minimalis

Dalam mendesain wallpaper dinding minimalis memang tidak terlalu banyak bermain dengan motif yang ramai, melainkan lebih kepada motif yang sederhana dan warna wallpaper. Pada ruang tamu hunian minimalis, pengaplikasian wallpaper telah menjadi trend saat ini. Di bawah ini kami akan membagikan tips dalam memilih wallpaper dinding minimalis, diantaranya adalah :

  • Bahan material wallpaper dinding minimalis

Pilihlah bahan wallpaper yang mudah  dibersihkan, sekaligus perawatannya juga mudah. Vinyl adalah salah satu bahan material wallpaper yang lebih mudah perawatannya dibandingkan jenis bahan  textile ataupun foil. Selain itu, material jenis vinyl juga memiliki ketahanan yang bagus terhadap kelembaban.

  • Pemilihan jenis motif dan warna wallpaper

Dalam memilih motif wallpaper dinding minimalis yang akan digunakan di rumah anda, maka wallpaper bermotif lembut adalah pilihan yang cocok. Usahakan untuk tidak menggunakan motif dengan pola besar pada hunian minimalis anda. Hal ini bertujuan agar ruangan tidak nampak sempit. Untuk rumah minimalis, warna wallpaper yang cocok adalah warna netral misalnya kream, coklat, atau putih agar nantinya nampak elegan dan modern. Ada baiknya jika wallpaper disesuaikan dengan beberapa furniture yang terdapat di ruangan anda agar nampak serasi dan rapi.

  • Pilihlah wallpaper dinding minimalis yang tidak permanen

Untuk memudahkan anda dalam mengganti motif wallpaper ketika bosan nanti, maka jangan memilih wallpaper yang permanen. Jika motif wallpaper bergaris yang anda gunakan, ada baiknya wallpaper dipasang pada salah satu sisi dinding ruangan saja. Perhatikan juga kualitas dari wallpaper yang anda beli, agar dapat dipakai dalam jangka panjang dan tidak mudah rusak motif maupun warnanya.

Langkah-langkah dalam memasang wallpaper dinding minimalis

Dalam memasang wallpaper dinding terdapat tahapan-tahapannya yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dinding dari kotoran. Usahkan sebelum memasang wallpaper, bersihkan dulu dinding anda dari debu atau sejenisnya. Apabila terdapat dinding yang permukaannya tidak rata, maka usahakan untuk meratakannya terlebih dulu. Hal ini bertujuan, agar tercipta wallpaper dinding minimalis yang rapi dan menarik.
  • Langkah selanjutnya, dalam pemasangan wallpaper dinding minimalis lakukan pengukuran pada bagian dinding yang akan dipasang wallpaper. Ukurlah dengan tepat, dan beri tanda pada dinding berupa tanda garis menggunakan penggaris. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan saat penggulungan wallpaper. Pada sisi kiri dan kanan sisakan 3-4 cm, 2-3 cm dibagian ujung, dan potong bagian yang tersisa menggunakan gunting. Sebelum menggunting, garis terlebih dahulu agar rapi.
  • Kemudian, hitung jumlah gulungan wallpaper yang diperlukan. Pada wallpaper dinding minimalis terdapat rumus cara menghitungnya yaitu:

Luas dinding = (2 x (Panjang + Lebar )) x tinggi ruangan.

Sedangkan rumus dari luas wallpaper setiap 1 rol = ( panjang x lebar ) , sehingga dapat diketahui berapa bahan yang dibutuhkan dengan rumus :

Wallpaper = luas dinding : luas wallpaper 1 rol

  • Tahap berikutnya adalah pemasangan dari wallpaper dinding minimalis. Gulunglah wallpaper tersebut hingga bagian paling depan, sehingga pada bagian wallpaper yang rekat nantinya akan menempel pada permukaan dinding tersebut. Kemudian pada bagian wallpaper yang dirasa kurang menempel, rekatkanlah lagi pada dinding. Jika nanti ada bekas lekatan akibat tempelan wallpaper, anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan spons yang sudah dibasahi.
Kelebihan dari pengaplikasian wallpaper dinding

Dalam setiap penggunaan wallpaper dinding terdapat beberapa kelebihan atau keuntungan yang perlu kita ketahui bersama, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Sangat praktis dalam menutup dinding yang retak atau berlubang

Anda semua pasti pernah menemui rumah dengan dinding yang retak atau berlubang bukan? Nah, dengan adanya wallpaper ini bisa digunakan untuk menutupi retak atau lubang tersebut, penggunaannyapun sangat praktis. Selain itu dengan memanfaatkan wallpaper juga menambah daya tarik penampilan dinding anda, serta menambah nilai estetika.

  • Aneka macam pilihan motif wallpaper dinding bisa disesuaikan dengan selera anda.

Pada setiap hunian, selalu mempunyai tema berdasarkan karakteristik dari pemiliknya. Beberapa diantaranya lebih menyukai tema hunian yang minimalis, elegan, modern, hingga bertemakan industrial. Dengan banyaknya pilihan  motif wallpaper dinding, memudahkan anda dalam menyesuaikan dengan tema hunian anda.

  • Wallpaper dinding dapat digunakan dalam jangka panjang.

Dengan memasang wallpaper pada dinding, dapat dikatakan menghemat biaya untuk perbaikan rumah anda. Kenapa bisa demikian? karena apabila anda memasangnya dengan rapi dan teliti, maka wallpaper dinding anda akan tahan lama hingga beberapa tahun kedepan. Jika anda menggunakan cat dinding, maka berapa banyak biaya yang harus anda keluarkan jika warna dari cat dinding anda memudar?

Kekurangan dari pengaplikasian wallpaper dinding

Jika di atas kita sudah membahas mengenai kelebihan dari penggunaan wallpaper dinding. Maka sekarang kita akan membahas tentang kekurangan dari pengguanaan wallpaper dinding, diantaranya adalah :

  • Apabila pengelupasannya tidak menggunakan metode khusus maka akan meninggalkan bekas.

Pasti ada masanya anda akan merasa bosan dan ingin mengganti motif dari wallpaper dinding anda bukan? Sebelum anda menggantinya, maka saya sarankan untuk sangat berhati-hati dalam mengelupas wallpaper yang lama. Jika dirasa anda tidak mampu, maka mintalah bantuan pada orang yang sudah ahli. Hal ini bertujuan, agar ketika wallpaper lama dikelupas nantinya tidak meninggalkan bekas di dinding anda.

  • Harganya bisa dikatakan relatif mahal

Dengan harga yang relatif mahal ini, anda disarankan untuk lebih teliti jika ingin membeli wallpaper dinding. Pilihlah motif yang sesuai dengan keinginan anda dan selaras dengan tema hunian anda.

  • Di dalam ruangan lembab, wallpaper mudah mengelupas.

Seperti yang kita ketahui, bahwa penggunaan wallpaper lebih tahan lama bila dibandingkan dengan cat dinding. Akan tetapi, beberapa kondisi dapat menyebabkan wallpaper mudah rusak salah satunya adalah kelembaban. Wallpaper ini tidak cocok bila digunakan pada ruangan yang memiliki kelembaban tinggi, contohnya kamar mandi atau dapur. Karena, jika wallpaper dinding berada di ruangan yang lembab maka akan mudah mengelupas. Sehingga, disarankan sebelum memasang wallpaper perhatikanlah ventilasi yang ada di ruangan tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai wallpaper dinding minimalis, cara memilih wallpaper, beserta langkah-langkah pemasangan wallpaer dinding. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran bagi anda yang ingin menggunakan wallpaper di dalam rumah anda. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *