Ukuran Keramik Beserta Motif Terbaik Untuk Dapur Minimalis Modern

Posted on
Ukuran Keramik Beserta Motif Terbaik Untuk Dapur Minimalis Modern
Rate this post

Memiliki dapur yang indah pastinya menjadi impian setiap wanita terlebih bagi seorang ibu. Karena disini mereka dapat menunjukkan kasih sayang  kepada keluarga melalui aneka masakan yang mereka buat. Oleh karena itu penting bagi anda untuk bisa menciptakan suasana dapur yang bersih dan nyaman. Bagi anda yang memiliki ukuran dapur minimalis, pastinya anda harus pintar – pintar dalam menentukan desainnya. Seperti pemilihan warna cat tembok dan furniture yang digunakan, salah satu furniture  yang digunakan adalah keramik. Untuk  pemilihan keramik yang harus anda perhatikan adalah memilih ukuran keramik yang tepat dengan motif keramik yang sesuai dengan tema dapur anda.

Biasanya untuk mendesain dapur yang berukuran minimalis, kita akan dipusingkan dengan motif dan ukuran keramik yang disesuaikan dengan bentuk bangunan. Ukuran keramik yang digunakan pada dinding dapur tentu akan berbeda dengan ukuran keramik untuk lantai dapur. Maka dari itu dalam memilih keramik dibutuhkan kejelian dan kecermatan yang tepat agar dapur anda mempuyai nilai estetika tersendiri.

Tips Memilih Desain Dan Ukuran Keramik Dapur Minimalis

Sebelum anda menentukan motif keramik apakah yang akan anda pakai, anda perlu menyesuaikan warna dinding dapur anda terlebih dahulu. Apabila dapur anda mempunyai warna cat tembok yang terang, maka anda dapat memilih keramik dengan motif yang soft atau lembut. Sebaliknya jika dapur anda mempunyai warna cat tembok yang gelap, maka sebaiknya pilihlah keramik dengan motif yang bervariasi.

Berikut beberapa tips untuk memilih desain keramik yang cocok untuk dapur minimailis anda :

  • Ukuran Keramik dan Warna Keramik

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum memilih keramik yaitu menentukan ukuran dapur anda, agar dapur nampak serasi maka anda harus memilih ukuran keramik yang sesuai dengan ukuran luas dapur. Sehingga akan mudah bagi anda untuk menetukan jumlah dan ukuran keramik yang ingin digunakan. Setelah itu warna keramik yang anda pilih harus disesuaikan dengan pencahayaan yang ada, jika pencahayaan dapur anda cukup baik maka gunakan keramik dengan warna yang sedikit gelap, dan sebaliknya jika pencahayaan di dapur anda kurang maka gunakan warna keramik yang lebih terang.

  • Motif Keramik

Pemilihan motif keramik yang digunakan bebas sesuai selera anda. Karena fungsi dari motif keramik ini adalah mempercantik ruang dapur anda agar dapur tidak terlihat monoton dan kaku. Untuk pemilihan motif keramik, anda dapat menggunakan motif yang unik dan menarik sesuai dengan karakter anda.

  • Warna Permukaan Keramik

Dalam penentuan warna permukaan keramik, anda bisa memilih keramik dengan warna dasar yang glossy, kasar atau yang satin. Namun untuk penggunaan dinding dapur lebih baik menggunakan yang tipe glossy atau satin, karena warna ini akan terlihat lebih indah bila dipalikasikan pada dinding dapur.

  • Tekstur Keramik

Untuk tekstur keramik yang digunakan, anda bisa memilih keramik dengan tekstur yang sedikit kasar, karena fungsi dari dapur adalah untuk memasak dan meletakkan alat-alat dapur. Sehingga jika memilih keramik dengan tekstur sedikit kasar akan membuat anda lebih nyaman dalam memasak. Selain itu peilihan keramik dengan tekstur kasar pada meja dapur akan mebuat anda lebih aman.

Contoh Motif Dapur Minimalis Modern

Untuk anda yang memiliki dapur dengan ukuran yang minimalis, namun ingin mengkreasikan agar telihat lebih modern, anda dapat memilih beberapa contoh motif dapur minimalis namun berkonsep modern. Berikut ini beberapa contoh motif dapur minimalis modern :

  • Dapur Bermotif Klasik

Pada pemilihan desain dapur bermotif  klasik, anda dapat memilih warna keramik yang lebih soft seperti warna coklat muda atau putih.  Dengan warna cat tembok yang senada berwarna putih, akan memberikan kesan dapur anda menjadi lebih klasik dan elegan. Selain itu, untuk ukuran keramik yang digunakan anda dapat memilih keramik dengan ukuran 20×20 cm, dengan motif keramik berbentuk geometris dengan pemasangan yang simetris. Untuk menambah kesan klasik, anda juga dapat menambahkan beberapa furnitur seperti kayu dan beberapa tanaman hijau yang dipadukan dengan sekat yang transparan. Sehingga nuansa klasik akan lebih terasa kental pada dapur anda.

  • Dapur Bermotif Alami

Sesuai dengan temanya, dapur yang bermotif alami akan menonjolkan pemilihan motif  keramik dengan desain bunga atau desain yang bermotif alam. Untuk ukuran keramik yang digunakan pada dinding dapur, anda tetap menggunakan keramik dengan ukuran 10×10 cm. Dengan teknik pemasangan keramik yang simetris dan sejajar, akan memberikan kesan yang rapi pada dapur anda. Pada dapur yang bermotif alami ini, anda tidak perlu menambahkan beberapa furniture, karena dengan pilihan motif bunga pada keramiknya suasana dapur anda sudah terlihat lebih indah.

  • Dapur Bermotif Polkadot

Motif dapur polkadot ini cukup mudah diterapkan pada dinding dapur anda. Warna yang digunakan cukup bervariasi, seperti biru tua, biru muda, kuning, atau warna yang lainnya yang cukup mudah untuk dipadukan. Pada dapur yang bermotif polkadot ini, anda cukup mengkombinasikan keramik dengan motif polkadot dengan warna dasar cat tembok putih atau abu-abu. Sehingga untuk dapur bermotif polkadot ini anda tidak perlu repot untuk memberikan aksen tambahan berupa furniture. Karena motif ini sudah cukup bagus untuk membuat dapur anda menjadi lebih unik dan manarik. Ukuran keramik yang digunakan bebas sesuai dengan selera anda.

  • Dapur Bermotif Sarang Lebah

Dapur bermotif sarang lebah ini merupakan konsep dapur minimalis yang unik dan tidak biasa. Konsep dapur ini dapat memberikan kesan dapur menjadi luas, sehingga sangat cocok untuk anda yang memiliki dapur berukuran minimalis. Untuk mendesain dapur bermotif sarang lebah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan merubah cat tembok anda dengan warna putih atau warna abu-abu, setelah itu anda dapat memilih keramik dengan motif persegi lima.  Ukuran keramik yang digunakan dapat disesuaikan dengan ukuran dapur anda. Setelah itu anda dapat mengkombinasikan keramik dengan perpaduan yang rapi antara warna abu-abu tua ke abu-abu muda.

Untuk menambah kesan yang unik, anda dapat menambahkan beberapa tanaman gantung pada sudut dapur anda. Selain itu, pada lantai dapur anda juga dapat menggunakan keramik dengan motif yang sama, namun dengan ukuran keramik yang lebih besar. Sehingga nuansa dapur anda akan lebih terasa unik dan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.