Ukuran Besi Hollow – 21 Tabel Besi Hollow Dengan Kualitas Terbagus

Posted on
Ukuran Besi Hollow – 21 Tabel Besi Hollow Dengan Kualitas Terbagus
Rate this post

Saat ini begitu banyak ragam ukuran besi hollow yang dijual di pasaran. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai macam-macam ukuran besi, apakah anda tau apa itu besi hollow ? Besi hollow adalah salah satu bahan material bangunan yang sering digunakan untuk membuat pintu gerbang, pagar, kanopi, bahkan kerangka besi plafon. Besi ini berbentuk pipa kotak, dan terbuat dari besi baja, galvanis dan stainless.

Akan tetapi, dulu bahan baku awal pembuatan besi hollow ini adalah campuran zinc dan aluminium. Campuran kedua bahan tersebut banyak digunakan oleh negara barat, karena memiliki sifat tahan akan karat sekaligus penghantar panas yang bagus. Sebelum anda membeli hollow ini, pastinya anda akan mencari info terlebih dahulu bukan? Nah dalam artikel ini saya akan memberikan informasi terkait ukuran besi hollow dan seputar besi hollow. Mari kita simak pembahasan lebih lengkapnya dibawah ini.

ukuran besi hollow

Macam-macam besi hollow

  • Besi hollow galvalume

Besi hollow galvalume atau lebih sering disebut sebagai Zinc-Alume merupakan jenis besi yang paling bagus. Alasannya, komposisi dari bahan pembuatan besi ini mempunyai ketahanan yang lebih bagus terhadap karat bila dibandingkan dengan besi hollow jenis lainnya. Bahan galvalume yamg paling bagus memiliki kandungan unsur 1,5% lapisan silicon, 43,5% unsur besi, serta unsur coating aluminium  sebesar 55%. Karna kandungan unsur besi dan aluminium yang tinggi, oleh sebabnya galvalume lebih dikenal dengan Zinc-Aluminium. Kualitas bahan yang bagus dari besi ini, secara langsung juga mempengaruhi dengan harga penjualannya yang relatif lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

  • Besi hollow galvanies

Hollow galvanies ini ialah besi yang memiliki tingkat kualitas sedikit kurang baik dengan dengan galvalume. Besi jenis ini sangat mudah sekali mengalami korosif, apabila terpotong maupun bergesekan dengan material lainnya. Alasan kenapa galvanis rentan korosif ialah karena komposisi dari bahan pembuatannya itu sendiri. Kandungan unsur yang paling banyak adalah coating Zinc (besi) sejumlah 97%, coating aluminium sebesar 1%, dan beberapa unsur bahan lain.

Itulah sebabnya kenapa besi ini mudah korosif sekali. Dalam penggunaannya, besi galvanies ini membutuhkan lapisan anti karat serta jenis cat yang memiliki kualitas tinggi. Hal ini bertujuan, agar besi tahan lebih lama terhadap kondisi cuaca yang sering berubah yaitu ketika terkena panas maupun hujan. Pada umumnya, hollow galvanies ini warnya adalah silver atau bahkan mirip dengan warna chrome. Ukuran besi hollow terkait ketebalan ini berkisar antara 0,3 cm hingga 0,5 cm, serta tampilan besi inipun juga sangat rapi.

  • Besi Hollow Gypsum

Besi hollow jenis gypsum ini merupakan besi yang bisa dikatakan lumayan terkenal di bidang material bahan bangunan. Besi ini banyak diminati dengan alasan kokoh dan tahan lama.  Hollow gypsum banyak digunakan untuk pembuatan rangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Alasan dari pemilihan besi jenis ini untuk plafon adalah karena ringan, kokoh, serta kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kayu.

Bahan baku dari pembuatan gypsum ini adalah besi yang komposisi lapisannya terdiri dari bermacam-macam jenis diantaranya adalah stainless dan meni. Hollow gypsum meni pada umumnya lapisan cat yang digunakan ialah berwarna hijau ataupun merah. Ukuran besi hollow dalam hal tingkat ketebalan ini beraneka ragam, mulai dari 0,3 mm hingga 0,4 mm.

Kelebihan dan kekurangan penggunaan besi hollow

Setiap penggunaan material bangunan, selalu terdapat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Disini, kami akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan penggunaan besi hollow diantaranya adalah :

Kelebihan besi hollow :

  • Besi hollow ini tahap terhadap api, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya.
  • Dibandingkan dengan kayu, penggunaan besi hollow lebih tahan lama hingga bertahun tahun. Hal ini dikarenakan besi terhindar dari rayap dan jenis hewan pengerat lain. Selain itu bahannya yang kokoh, sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang.
  • Komposisi bahan pembuatan besi yang terdiri dari campuran antara aluminium dan zinc, membuatnya tidak mudah karat. Karena sekarang ini, dengan kemajuan teknologi telah tercipta lapisan anti karat pada besi hollow.
  • Bentuknya yang rapi, membuat pemasangan dari besi hollow ini dirasa lebih mudah dan cepat. Sehingga siapapun dapat melakukannya, tanpa harus mempunya keahlian.
  • Penggunaan besi hollow sebagai material bangunan, dianggap lebih ekonomis dibandingkan penggunaan material lainnya. Dengan alasan, harganya lebih murah dibandingkan kayu serta penggunaannya dalam satu luasan yang sama tidak sebanyak kayu. Sehingga mampu mengurangi biaya kontruksi yang dikeluarkan.
  • Dengan banyaknya pilihan ukuran besi hollow, akan memudahkan anda dalam membeli sesuai dengan kebutuhan anda.

Kekurangan besi hollow :

Tidak banyak kekurangan yang dimiliki dalam penggunaan besi hollow. Hanya saja kita perlu hati-hati dan teliliti dalam membeli besi hollow. Karena setiap pabrik yang memproduksi besi hollow memiliki standart dan kualitas yang berbeda-beda.

Jenis-jenis ukuran pada besi hollow

Besi hollow yang diproduksi oleh pabrik memiliki jenis ukuran beraneka ragam. Ukuran besi yang begitu banyak, dalam membeli tentunya disesuaikan dengan penggunaannya. Semakin bagus kualitas besi tersebut, maka harganyapun juga semakin mahal. Dibawah ini kami sajikan tabel daftar ukuran besi hollow berdasarkan standart SNI.

Tabel daftar ukuran besi hollow
NoJenis Besi HollowPanjang Besi Hollow (m)Berat Besi Hollow (kg)
1Hollow 150 x 150 x 56139.73
2Hollow 150 x 150 x 4.56125.76
3Hollow 125 x 125 x 3.2674.36
4Hollow 125 x 125 x 4.56104.56
5Hollow 100 x 100 x 4.5683.37
6Hollow 100 x 100 x 3.2659.28
7Hollow 75 x 75 x 2627.63
8Hollow 75 x 75 x 2.5634.53
9Hollow 75 x 75 x 3.2644.19
10Hollow 75 x 75 x 2.3632
11Hollow 60 x 60 x 2.5627.5
12Hollow 60 x 60 x 2622
13Hollow 60 x 60 x 2.3625.26
14Hollow 50 x 50 x 2618.21
15Hollow 50 x 50 x 2.7625
16Hollow 50 x 50 x 3627.32
17Hollow 50 x 50 x 2.3620.94
18Hollow 50 x 50 x 2.8625.5
19Hollow 50 x 50 x 2.5622.77
20Hollow 40 x 40 x 2.3616.6
21Hollow 40 x 40 x 2614.45

Rata-rata ukuran panjang besi hollow yang beredar di toko bangunan pada umumnya ialah 6 m dan 12 m. Akan tetapi, yang menjadi pembedanya yaitu tingkat ketebalan dari sisi besi hollow itu sendiri. Jenis-jenis ukuran ketebalan besi hollow diantaranya adalah 0.6 mm hingga 0.9 mm, serta 1.0 mm sampai dengan 1.7 mm. Sehingga dalam menentukan berapa ukuran besi hollow yang anda beli mudah sekali. Anda hanya perlu mengalikan ukuran panjang besi dengan berapa banyak besi yang dibutuhkan.

Tips dalam memilih besi hollow yang berkualitas bagus

Jika anda akan membeli besi hollow maka telitilah dalam memilih. Disini saya akan membagikan sedikit tips dalam memilih besi hollow diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Dalam membeli besi hollow, anda harus menyesuaikan dengan anggaran dana yang dimiliki serta dengan berapa besar luasan bidang yang akan anda gunakan.
  • Pilihlah besi hollow yang memiliki kualitas bagus, lebih baik lagi jika yang berstandar SNI dengan ketebalan yang lebih. Tentunya harganya juga akan sedikit lebih mahal.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan mengenai ukuran besi hollow dan penjelasan terkait besi hollow. Semoga dengan artikel ini, dapat memberi referensi dan bermanfaat bagi anda semua, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *