Mengenal Beragam Jenis Kusen Aluminium Yang Ada Di Indonesia

Posted on
Mengenal Beragam Jenis Kusen Aluminium Yang Ada Di Indonesia
Rate this post

Selain kusen aluminium, Indonesia dikenal dengan beragam jenis kusen lain yang dimilikinya. Bagi anda yang ingin mengetahui jenis kusen apa saja yang ada di Indonesia, akan lebih baik apabila anda simak dulu penjelasan singkat di bagian bawah ini.

Apa itu Kusen Aluminium?

Kusen adalah frame atau bingkai yang digunakan untuk tumpuan baik itu bagi pembuatan daun pintu, atau bahkan jendela, sehingga pintu serta jendela tersebut dapat dibuka dan ditutup dengan lebih mudah. Dalam pembuatannya, tingkat ketebalan kusen itu sendiri disesuaikan dengan tingkat ketebalan dari  dinding bagian sampingnya. Untuk saat ini, kusen pintu serta jendela di Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis kusen yang berbeda, perbedaan tersebut ditentukan dari bahan pembuat yang digunakannya.

Kusen aluminium

Seperti halnya jenis kusen kayu, aluminium, kemudian UPVC atau unplasticized polyvinyl chloride, kemudian ada pula kusen fiberglass, vinyl serta kusen yang dibuat dari bahan baja ringan. Setiap jenis kusen tersebut hadir dengan beragam bentuk kelemahan serta kelebihan yang dimilikinya Hal ini umumnya ditentukan berdasarkan sifat dasar yang dimilikinya. Ingin tau beragam penjelasan dari jenis-jenis kusen di bagian atas tadi? Simaklah penjelasan singkatnya di bagian bawah ini :

Kusen kayu

Sesuai dengan nama yang dimilikinya jenis kusen yang satu ini tentunya terbuat dari bahan kayu, meskipun jenis kusen yang satu ini memiliki bahan dasar yang dapat diperbarui, namun hal ini jelas membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan untuk meningkatkan kualitas kayu tersebut umumnya dibutuhkan hingga beberapa tahun mendatang. Namun karena tingkat permintaan akan kusen kayu ini tidak berbanding lurus dengan ketersediaan stok kayu yang dimilikinya, tidak heran jika ia pun dijual dengan harga tinggi.

Kusen kayu memiliki sifat fleksibel, sehingga ia dapat dipasang pada jenis rumah dengan beragam jenis gaya apapun yang anda inginkan. Lebih dari itu, kusen yang dibuat dari bahan kayu juga mampu menghadirkan kesan natural dengan kualitas yang baik. Namun sebelum diolah menjadi kusen, kayu tersebut tentunya memerlukan beberapa proses pengeringan terlebih dahulu, sehingga kadar air dan daya tahan yang dimilikinya jauh lebih lama.

Kusen kayu dikenal sebagai jenis kusen yang dapat dibuat dengan beragam bentuk berbeda dimulai dari bentuk yang lurus atau bahkan melengkung. Material kayu juga dikenal dengan tingkat perlindungan yang bagus akan suhu udara yang ada di sekitarnya, baik itu udara panas atau bahkan dingin yang muncul dari arah luar ruangan. Namun apabila kusen dengan bahan kayu ini tidak dirawat dengan baik, maka bukan tidak mungkin ia pun akan dengan mudahnya digerogoti rayap. Karena itulah bagi anda yang ingin memiliki masa pakai lama untuk jenis kusen yang satu ini, maka pastikan untuk melakukan coating secara berkala.

Kusen aluminium

Kusen aluminium dikenal sebagai jenis alternatif lain dari kusen kayu dan harga kusen aluminium yang dimilikinya pun jauh lebih murah. Material bahan ini lebih tahan keropos dan juga tidak mungkin dimakan oleh rayap. Karena itulah kusen aluminium dikenal sebagai jenis kusen yang tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca karena tidak mengalami pemuaian, kemudian penyusutan atau bahkan perubahan bentuk. Lebih dari itu, kusen aluminium juga dapat difinishing dengan menggunakan desain yang lebih beragam, ia juga dikenal dengan kusen yang memiliki bentuk mirip dengan kayu. Namun untuk bobot yang dimilikinya jauh lebih ringan, serta perawatannya pun jauh lebih mudah.

Akan tetapi, karena jenis kusen aluminium ini umumnya dibuat oleh pihak pabrik tidak heran apabila bentuk yang disediakannya pun jauh lebih terbatas jika dibandingkan dengan kusen kayu di atas tadi. Bahkan untuk proses pemasangannya pun juga membutuhkan keterampilan tinggi, utamanya ketika mengaitkan bagian kusen pada dinding dengan menggunakan fischer. Lebih dari iru, kusen aluminium juga rawan penyok jika terjadi benturan. Selain itu kusen aluminium ini juga rentan akan rembesan air hujan sehingga sangat penting bagi anda untuk memasang penyekat karet atau sealant yang dimilikinya. Untuk harga pintu aluminium serta harga jendela aluminium pun umumnya jauh lebih murah dibandingkan dengan jenis kusen dari bahan kayu tadi.

Kusen UPVC

UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride adalah jenis kusen yang terbuat dari bahan material turunan plastik dengan sifat plastisis yang dimilikinya. Keunggulan dari kusen yang satu ini adalah tahan rayap, tahan bocor, tidak mengalami muai susut, kedap suara, dan untuk perawatannya itu sendiri umumnya jauh lebih minimal dibandingkan dengan perawatan untuk jenis kusen lainnya. Kusen ini dapat digunakan untuk mendesain beragam jenis pintu serta jendela.

Namun untuk penggunaannya itu sendiri sebaiknya dipesan di bagian awal, sehingga dapat disesuaikan secara benar dengan dimensi dari pintu atau pun jendela yang hendak anda bingkai dengan menggunakannya. Satu masalah yang seringkali ditimbulkan dari jenis kusen yang satu ini adalah kekurangannya yang lebih mudah pecah dibandingkan kusen lainnya, utamanya jika terkena benturan pada bagian permukaan.

Kusen fiberglass

Untuk kusen dengan bahan fiberglass ia dikenal dengan beragam kelebihan, yaitu beratnya yang lebih ringan, sehingga ia pun cukup mudah untuk dipindahkan dalam proses pengerjaannya. Kemudian biaya instalasi dari kusen yang satu ini jauh lebih murah. Bagi anda yang menggunakan bahan fiberglass untuk kusen yang anda miliki, ia umumnya tampil dengan penampakan yang lebih bersih dan juga terlihat segar. Sehingga penggunaaanya pun sangat cocok bagi bangunan rumah dengan gaya modern minimalis atau bahkan gedung perkantoran.

Kusen vinyl

Berkaitan dengan tren bangunan masa kini, kusen yang lebih sering digunakan oleh masyarakat modern dan tengah booming adalah kusen yang dibuat dari bahan vinyl. Hal ini berkaitan dengan kesan modern yang ditampilkan pada kusen vinyl yang satu ini, sehingga bangunan yang dibuat pun tampak kekinian. Bahan vinyl juga dikenal dengan kelebihannya yang ramah lingkungan, bahkan untuk proses pemasangannya pun tidak membutuhkan waktu lama, sehingga tidak menghabiskan energi dan jauh lebih efisien untuk digunakan.

Berbeda halnya dengan jenis kusen aluminum yang tentunya pemasangannya pun cukup sulit untuk dilakukan, karena ukuran kusen aluminium ini lebih terbatas. Tidak heran jika jenis kusen yang satu ini sering disamakan dengan kusen fiberglass yang jauh lebih mudah dan memiliki tingkat ketahanan cukup lama atau awet.

Kusen baja ringan

Kusen baja ringan adalah jenis kusen yang paling banyak ditrekomendasikan untuk bangunan tempat tinggal seperti halnya rumah yang berlokasi di kawasan rawan gempa. Jenis kusen yang satu ini memiliki proses instalasi yang relatif lebih cepat, sehingga kebutuhan akan biaya yang dimilikinya pun tidak terlalu besar, tidak heran jika kusen ini pun lebih banyak dipertimbangkan untuk digunakan. Desain dari kusen ini umumnya dimodifikasi dengan beragam bentuk berbeda yang disesuaikan pada arsitekstur bangunan yang dimilikinya. Kelebihan lain yang juga dimiliki oleh kusen baja ringan ini adalah lebih tahan lama, ramah lingkungan, aman untuk digunakan, anti kawat, anti rayap, serta tampilannya yang jauh lebih mewah.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beragam jenis kusen dengan bahan berbeda selain kusen aluminium di bagian atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *