Memilih Harga Bata Ringan yang Tepat

Posted on
Memilih Harga Bata Ringan yang Tepat
Rate this post

Ketika Anda hendak membuat sebuah bangunan, maka hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu adalah jenis bata yang akan digunakan. Seperti diketahui bersama saat ini ada banyak sekali jenis bata yang beredar di pasaran, mulai dari batu bata merah, batako, batako, dan juga bata ringan. Diantara sekian banyak batu bata yang ada, ada salah satu jenis batu bata yang cukup menguntungkan untuk Anda gunakan, yaitu batu bata ringan. Harga bata ringan ini juga tidak terlalu mahal, jika dilihat dari berbagai keuntungan yang Anda dapatkan.

Aneka keuntungan menggunakan  bata ringan

Ada 2 jenis bata ringan yang beredar  di pasaran yaitu Autoclaved Aerated Concentrate / AAC dan Cellular Lightweight Concentrate / CLC. Keduanya sama-sama menggunakan teknik menambahkan gelembung udara ke dalam mortar. Dimana gelembung udara ini berfungsi untuk mengurangi berat beton, yang akan dihasilkan secara signifikan. Sedangkan yang membedakan kedua bahan tersebut adalah dari segi pengeringannya. Pada AAC, proses pengeringannya menggunakan oven autoklaf dengan tekanan yang cukup tinggi.

Harga bata ringan

Sedangkan CLC menggunakan proses pengeringan non- autoclaved aerated Concentre. Kedua jenis bata ini juga mudah ditemukan, karena sudah mulai diproduksi secara masal, beberapa diantaranya adalah bata ringan hebel, dan bata ringan Citicon. Adapun aneka kelebihan dari bata ringan ini antara lain :

  • Ringan

Batu bata yang satu ini cenderung ringan, dibandingkan dengan jenis batu bata lainnya. Ini yang membuat bobot rumah terasa lebih ringan, dan pastinya tidak akan membebani struktur bangunan tersebut, terutama ketika Anda hendak menambah jumlah lantai bangunan. Selain itu bata ringan ini mempunyai tekstur yang lebih kokok, kuat, dibandingkan bahan bata lainnya.

  • Lebih tahan air

Bata parikan yang satu ini lebih tahan terhadap air, sehingga lebih kedap air, dan membuat air tidak mudah meresap ke dalam dinding bangunan. Ini juga yang membuat dinding bangunan lebih kokoh.

  • Tidak perlu diplester

Karena teknik pengerjaaannya menggunakan mesin, tentunya standar produk atau kualitas produk akan lebih terjaga dengan baik. Tampilan bata ringan ini juga terlihat lebih halus, bahkan ada kalanya bata seperti ini tidak perlu menggunakan plasteran. Walaupun memang menggunakan plasteran ini sebaiknya tetap digunakan, untuk menghindari rembesan air hujan ke dalam rumah.

  • Proses pemasangan cepat

Proses pemasangan bata ini jauh lebih cepat dibandingkan bahan bata umumnya, karena bentuknya yang presisi, maka pengguna cukup menggunakan mortar atau perekat instant. Selain itu, ukuran batu bata yang cukup besar, sekitar 60 cm x 20 cm, dengan ukuran tebal yang bervariasi (mulai dari 7,5 hingga 15 cm), membuat proses pengerjaan bangunan jadi cepat selesai.

  • Proses pemasangan lebih bersih

Teknik pemasangan tembok ini juga cukup bersih, tidak berantakan seperti pembuatan tembok pada umumnya. Pengguna hanya perlu mencampurkan mortar, yang terbuat dari adonan pasir dan semen, tambahkan sedikit air, maka adonan mortar pun jadi. Teknik ini yang membuat adonan semen tidak berceceran kemana-mana. ‘

  • Kedap udara

Karena menggunakan adonan tertentu, membuat bata ringan ini menjadi kedap suara. Berbagai suara yang berasal dari dalam dan dari luar bangunan tidak akan mudah terdengar, ini yang membuat privasi di dalam rumah jadi lebih baik.

  • Kuat menahan tekanan

Walaupun ringan, akan tetapi daya tahan bata ringan ini jauh lebih kuat, dibandingkan bata pada umumnya. Bata ringan ini mampu menahan tekanan, bahkan kemungkinan ambruk akibat gempa dan hal lainnya.

Teknik memilih harga bata ringan yang tepat

Di pasaran sendiri jenis batu bata ringan ini cukup beragam, contohnya bata ringan hebel, bata ringan Citicon, dll. Anda sebagai konsumen perlu memperhatikan hal ini dengan baik.  Agar Anda mudah memilih serta menentukan jenis bata ringan yang tepat, untuk bangunan  yang hendak dibangun. Ada baiknya jika memperhatikan beberapa ulasan berikut ini :

  1. Perhatikan tingkat kebutuhan Anda

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tingkat kebutuhan Anda. Yang dimaksud dengan tingkat kebutuhan disini adalah apakah Anda akan membangun sebuah rumah, gedung perkantoran atau hal lainnya. Berapa jumlah luas bangunan yang hendak dibangun. Selain itu perhatikan juga jumlah lantai yang hendak dibangun, serta hal lainnya.

Memperhatikan hal-hal seperti ini membuat Anda mudah menghitung dengan baik, jumlah bata ringan yang dibutunkan untuk membuat bangunan tersebut.

  1. Perhatikan ukuran bata ringan

Setelah memperhatikan tingkat kebutuhan bangunan, berikutnya adalah memperhatikan ukuran bata ringan yang ada di pasaran. Rata-rata ukuran bata ringan yang ada di pasaran adalah 60 cm x 20 cm, sedangkan ukuran tebalnya cukup bervariasi, mulai dari 7,5, 10, 12,5, 15, 17,5 hingga 15 cm.

  1. Perhatikan jenis bata ringan yang dianggap paling tepat

Berikutnya adalah memperhatikan jenis bata yang akan dipergunakan. Seperti diketahui bersama, bata ringan yang ada dipasaran ini ada 2 macam yaitu AAC / Autoclaved Aerated Concentrate dan CLC / Cellular Lightweight Concentrate. Kedua bahan ini tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kedua bahan ini dapat Anda lihat dari tingkat kepadatan dan kekuatan dari masing-masing bahan.

Pada AAC memiliki tingkat kepadatan antara 650 hingga 700, sedangkan pada CLC  antara 800 hingga 1.000. Selain itu kekuatan tekan pada AAC sekitar 40 sedangkan pada CLC sekitar 25 hingga 35.

  1. Perhatikan budget yang Anda miliki

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah harga bata ringan tersebut. Untuk harga bahan bangunan yang satu ini, Anda dapat menentukan berdasarkan per meter kubik atau harga satuan. Rata-rata harga bata ringan per meter kubik biasanya sekitar Rp 750.000, sedangkan jika dijual satuan, bata ini berkisar Rp 10.000. Namun hal ini tergantung dari tingkat ketebalan bata yang Anda butuhkan.

Keuntungan menggunakan harga per kubik seperti ini adalah harganya yang lebih murah. Namun kerugiannya adalah Anda akan kesulitan menentukan jumlah bata yang dibutuhkan. Sedangkan keuntungak ketika Anda membeli secara satuan adalah kebalikannya, Anda dapat menghitung jumlah bata yang diperlukan, sedangkan harga yang diberikan, sedikit lebih mahal.

Pastikan Anda menghitung jumlah bata yang diperlukan dengan baik, agar mudah menentukan jumlah budget yang perlu Anda keluarkan untuk membeli bata ringan tersebut. Kemudian cari penyedia jasa atau toko yang menawarkan bata ringan dengan harga yang murah, untuk dapat menghemat budget.

Sedikit tips ketika Anda hendak membeli bata ringan seperti ini adalah bicarakan hal ini dengan tukang yang akan membangun rumah Anda, untuk membeli bata secara tepat, baik itu secara kubik atau secara satuan. Apabila jumlah bata yang dibutuhkan kurang, Anda tetap dapat membeli bata ini secara satuan.

Apabila Anda lihat dari segi harga, bata ringan ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan bata pada umumnya, tapi jika dilihat dari segi efektifitas serta data tahan bata tersebut, sudah tentu bata ringan ini mempunyai banyak keunggulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.