Tips Memilih Model Keramik Dinding Dapur

Posted on
Tips Memilih Model Keramik Dinding Dapur
Rate this post

Keramik dinding dapur adalah jenis keramik yang diproduksi untuk diaplikasikan pada dinding area dapur anda. Keramik dinding dapur tidaklah sama dengan keramik lantai dapur. Dapur sendiri adalah ruangan khusus yang berfungsi sebagai tempat untuk menyiapkan masakan bagi keluarga tercinta anda. Bagi seorang ibu rumah tangga, dapur adalah tempat favorit mereka dalam berkreasi mengolah bahan masakan yang akan disajikan untuk orang-orang tersayangnya. Untuk itu sebuah dapur haruslah memiliki konsep dan desain yang menarik agar anda semakin betah berlama-lama di situ.

Dapur akan terlihat lebih berkualitas ketika interiornya terkonsep dengan baik. Keramik untuk dapur tidaklah sama dengan model leramik yang diaplikasikan pada ruangan rumah lainnya. Untuk itu kali ini kita akan membahas bagaimana tips untuk memilih model keramik yang akan digunakan pada bagian dapur agar ruangan dapur anda menjadi lebih menarik dan terkesan berkelas.

keramik dinding dapur

Keramik dinding dapur dan untuk lantai

Layaknya dinding kamar mandi, dinding dapur juga sangat akrab dengan suasana lembab yang sisebabkan oleh berbagai macam jenis cairan yang terciprat saat anda memasak, ntah itu minyak, kuah, dll. Agar dinding dapur anda terlihat tetap indah serta mudah dibersihkan paka pemakaian keramik dinding dapur merupakan pilihannya. Saat hendak menggunakan keramik untuk dinding dapur biasanya kita sering dipusingkan dengan desain dan model keramik dinding dapur yang sangat banyak beredar dipasaran. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli suatu keramik untuk dinding dapur. Yaitu:

  1. Sesuaikan dengan gaya rumah

Dalam memilih model keramik untuk dinding dapur, pastikan anda memilih model yang sesuai dengan gaya rumah anda. Misalnya gaya rumah anda minimalis maka anda juga harus mencarikan keramik untuk dinding rumah anda dengan desain minimalis juga.

  1. Sesuaikan warnanya

Jika keramik lantai dapur anda memiliki warna yang agak lembut maka sebaliknya untuk bagian dinding dapur anda dapat mengaplikasikan keramik dengan warna yang sedikit lebih terang. Begitu pula sebaliknya, jika lantai memiliki warna keramik yang agak terang maka gunakan warna lembut untuk dindingnya. Cara ini akan memberikan kesan dapur anda lebih seimbang dan jauh lebih berkelas serta tampak lebih indah.

  1. Pilihlah keramik dengan tekstur licin

Berbeda halnya dengan keramik untuk lantai dapur dengan tekstur yang agak kesat, maka untuk bagian dinding dapur anda dapat menggunakan yang agak licin agar semakin mudah untuk dibersihkan ketika dinding tersebut terkena cipratan noda ketika anda memasak.

Pemasangan keramik pada lantai dapur merupakan salah satu cara untuk membangun suasana pada area dapur rumah anda, sehingga area dapur akan terlihat lebih cantik, bersih dan pastinya anda akan semakin nyaman beraktivitas di dalamnya. Dalam memilih suatu model keramik dapur minimalis ada beberapa tips yang harus anda perhatikan, yaitu:

  1. Gunakan keramik lantai dapur yang kesat

Dalam memilih keramik untuk bagian lantai dapur anda, pastikan anda memilih keramik lantai dapur yang kesat. Hal ini berfungsi agar anda tidak terpeleset. Sebagaimana kita ketahui bagian dapursangatlah identik dengan tumpahan berbagai macam cairan, seperti sabun, minyak, dll. Untuk itu akan lebih baik jika anda mengaplikasikan jenis keramik lantai dapur yang memiliki tekstur permukaan yang agak kesat dan mudah dubersihkan.

  1. Pilihlah warna keramik yang terang

Banyak orang yang memilih model keramik dapur yang lebih gelap daripada warna keramik di ruangan lainnya. Padahal hal demikian tidaklah benar, untuk mebuat dapur anda terlihat semakin menarik, pastikan anda menggunakan warna keramik bagian lantai dapur agak lebih terang. Karena warna yang terang akan memberikan kesan yang tenang dan nyaman. Hindarkan diri dari penggunaan keramik yang bewarna putih untuk bagian dapur anda, karna warn aputih akan noda yang ada mudah terlihat.

  1. Pilihlah motif yang abstrack

Gunakan keramik dapur minimalis dengan motif yang abstrack bewarna tidak terlalu gelap untuk membantu agar area dapur anda terlihat semakin segar dan pastinya kesan minimalis dan menarik  akan selalu ditampilkan.

  1. Sesuaikan dengan anggaran

Hal yang paling utama sebelum anda memilih keramik untuk dapur anda adalah sesuaikan anggaran yang anda miliki. Pastikan anda tidak membeli keramik lantai yang terlalu mahal, karena keramik dengan harga terjangkaupun dapat mengubah dapur anda terlihat lebih mewah, asalahkan pemilihan desain dan motif tidak salah.

Tips membersihkan keramik dapur

Setelah anda berhasil mengaplikasikan keramik pada dinding dan lantai dapur anda kini saatnya anda mulai berfikir untuk selalu menjaga kebersihan dapur anda agar dapur anda senantiasa terlihat menarik dan dan indah. Ketika memasak kerap kali kita dengan tidak sengaja minyak meletup keluar dan mengenai dinding dapur. Jika dibiarkan begitu saja nod atersebut akan mengendap dan akan sangat sulit dihilangkan kemudian hari. Selain meninggalkan bekas noda yang tidak sedap dipandang mata, noda tersebut juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dan pastinya akan merusak cat pada tembok dan akan mengganggu keindahan dapur anda.

Jika sudah demikian anda pasti akan merasa tidak nyaman saat berada didapur. Untuk itu anda harus selalu rajin membersihkan area dapur anda setelah memasak, baik itu bagian lantai dapur mauapun bagian dinding dapur. Untuk lebih memudahkan, anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk menghilangkan noda membandel pada area dapur kesayangan anda.

  1. Gunakan campuran larutan cuka dan tepung maizena.

Cara ini sangat ampuh dalam menghilangkan minyak yang menempel pada bagian dinding dapur. Anda dapat mencampurkan cuka dengan tepung maizena hingga menjadi psta kemudian encerkan menggunakan air. Setelah itu oleskan pada bagain yang kotor. Diamkan selama beberapa detik kemudian mengusapkan bagian kotor tersebut menggunakan spons dengan gerakan melingkar. Setelah itu lap dengan kain yang telah dibasuh dengan air untuk menghilangkan bau cuka, setelah itu tinggal anda keringkan.

  1. Memanfaatkan minyak tanah

Masukkan lap ke dalam wadah yang berisikan minyak tanah, kemudian aplikasikan pada dinding keramik yang terkena noda dengan cara mengusapnya dengan gerakan memutar. Setelah noda hilang anda dapat menggunakan pengharum lainnya untuk menghilangkan bau minyak tanah. Sebagai contoh anda dapat menggunakan sabun cuci piring atau sabun pembersih lainnya.

Itulah beberapa tips untuk menghilangkan noda pada bagain keramik di dapur anda. Pastikan anda, karena kebersihan dapur merupakan hal yang sangat penting bagi kenyaman diri sendiri serta bagi para tamu yang berkunjung ke rumah anda. Ketika dapur anda telah diaplikasikan dengan keramik dinding dapur yang tepat serta keramik lantai yang senada ditambah lagi kebersihannya selalu terjaga, maka dapat dipastikan siapa saja yang berkunjung kerumah anda akan jatuh cinta dengan dapur anda dan mereka akan betah berlama-lama berada di dapur anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.