Keramik Batu Alam Pilihan Tepat Mempercantik Rumah Anda

Posted on
Keramik Batu Alam Pilihan Tepat Mempercantik Rumah Anda
Rate this post

Keramik batu alam mulai menjadi tren saat ini pada rumah-rumah yang ingin didesain secara minimalis dan elegan. Apalagi di daerah perumahan sudah hampir pasti selalu menggunakan batu alam sebagai bahan keramik di beberapa bagian rumahnya. Batu alam merupakan bebatuan yang diolah dan diproses secara sederhana untuk dibentuk menjadi sebuah motif dengan ciri khas alam. Batu alam ini memanfaatkan keragaman batu yang disediakan di alam khususnya di wilayah pegunungan yang kaya akan jenis batu-batu bermotif indah.

Batu-batu tersebut telah dipotong dan dibentuk sesuai dengan ukuran keramik sehingga mudah untuk digunakan dan dipindahkan untuk dijadikan keramik pada bagian rumah. Akan tetapi tidak semua batu alam diambil dari bebatuan alam akan tetapi tetap menggunakan bahan dasar batu alam untuk diolah kembali dan dibentuk menyerupai keramik yang bermotif indah.

Spot yang Tepat untuk Keramik Batu Alam dalam Rumah

Tidak semua tempat dalam rumah bisa untuk dipasang Keramik batu alam. Karena bahan ini tidak mudah dibersihkan sehingga perlu ruangan yang tidak terlalu aktif atau tak terkena dampak kotor. Tempat seperti atap dan jemuran memang bisa untuk diberikan sentuhan batu alam akan tetapi tidak tepat karena mudah terkena kotoran yang akan mengurangi penampilan dalam rumah. Oleh karena itulah berikut ini beberapa spot yang tepat dan seringkali dipasang keramik dari batu alam.

Keramik batu alam

–          Batu alam dinding

Dinding batu alam merupakan spot yang tepat untuk diberikan sentuhan batu alam. Apalagi dinding depan rumah yang sering dilihat oleh orang yang lewat depan rumah. Dengan adanya batu alam akan menumbuhkan kesan alami dan segar rumah tampak dari luar. Selain itu pemasangan batu alam pada dinding akan memperkuat dinding dari keretakan karena kelembaban. Beberapa spot bagian rumah yang cocok untuk diberikan batu alam pada dindingnya adalah teras depan rumah, ruang tamu, teras belakang, dan kamar mandi. Khususnya kamar mandi karena pada salah satu jenis batu alam dapat menyerap air lebih cepat sehingga dinding tidak mudah berlumut atau licin.

–          Batu alam lantai

Berikutnya adalah spot lantai. Berbeda dengan keramik dari bahan tanah liat atau bahan lainnya. Lantai berbahan dasar batu alam dinilai lebih dingin dan tampak lebih mewah. Banyaknya motif yang bisa disusun menjadi sedemikian rupa membuat rumah tak memerlukan karpet untuk memancarkan keindahan lantainya. Batu alam yang dipasang dilantai juga membantu untuk menampilkan desain rumah yang minimalis nan elegan dengan pilihan warna alami dan tidak mencolok. Selain itu lantai akan terlihat lebih bersih dan lebih mengkilap jika menggunakan bahan dasar batu alam.

–          Batu alam tiang

Tiang rumah yang pada umumnya terletak pada teras depan rumah atau belakang rumah akan terlihat kokoh dan kuat ketika diberikan sentuhan batu alam disekitarnya. Selain itu tiang rumah akan terlihat lebih cantik dan lebih alami sehingga nyaman untuk dipandang dan dipadukan dengan desain rumah. Batu alam berjenis keras dan mempunyai motif akan sangat cocok untuk tiang penyangga rumah.

–          Batu alam pagar

Terakhir dari spot yang cocok untuk diberikan sentuhan batu alam adalah pagar. Yang dimaksudkan bukanlah pagar dari besi tersebut akan tetapi tiang penyangga dari pagar itu sendiri. Pada umumnya pagar selalu mempunyai sisi yang digunakan untuk menyanganya agar berdiri. Nah tempat itulah yang cocok untuk diberikan sentuhan batu alam sehingga akan menambahkan kesan garang pada pagar. Akan tetapi garang disini merupakan garang yang bersifat alam atau kembali ke alam yang dipernuhi dengan bebatuan dari pegunungan.

Keuntungan Menggunakan Batu Alam dalam Rumah

Mengapa semakin banyak rumah yang menggunakan batu aam sebagai bahan finishing akhirnya pada beberapa bagian rumah? Hal ini karena batu alam memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan dinding biasa atau keramik jenis lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan batu alam di dalam rumah.

–          Memperindah Tampilan Rumah

Tentu saja yang paling utama dari keuntungan menggunakan batuan alam adalah tamplan rumah yang menjadi lebih indah dan lebih cantik. Rumah akan mempunyai nuansa alami yang dingin sehingga sedap untuk dipandang. Apalagi jika batu alam tersebut diletakkan di lantai dan dinding teras rumah pasti akan menambah suasana sejuk yang ada pada rumah tersebut. Belum lagi dengan berbagai macam Keramik motif batu alam yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan komposisi warna rumah, sudah barang tentu akan terlihat lebih elegan dan mewah. Belum lagi jika dipadupadankan dengan taman yang ada di depan atau belakang rumah tentu saja akan menambah nuansa alami yang membuat siapapun ingin berdiam sejenak untuk menikmatinya.

–          Lebih Tahan Lama

Lebih tahan lama dilihat dari bahan dasar pembuatannya yang menggunakan batu alam sehingga dipastikan akan lebih kuat dan kokoh dibandingkan dengan keramik dari bahan yang lainnya. Lantai misalnya, lantai yang menggunakan keramik dari batu alam tidak akan mudah pecah dan retak. Bahkan jika digunakan pada dinding rumah akan membantunya untuk lebih kuat dan tahan banting terhadap segala kerusakan seperti retak dan lembab.

–          Lebih Hemat

Dilihat dari daya tahannya yang lebih lama tentunya akan menjadikan pengeluaran lebih hemat untuk beberapa saat. Hemat yang diinginkan disini adalah hemat dalam waktu jangka panjang sehingga tidak perlu lagi untuk membeli keramik untuk menggantikan yang rusak karena keramik dari batu alam mempunyai daya tahan yang lama.

Ciri Batu Alam Berkualitas

Tidak semua batu alam bisa dijamin akan kekuatannya. Hal ini tergantung pada campuran saat proses pembuatannya sebagaimana keramik pada umumnya. Tak sedikit orang yang merasa rugi karena batu alam yang digunakan tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Beberapa kejadia yang paling sering dialami ketika menggunakan batu alam adalah keramik pecah, mudah kotor, dan tentunya warna cepat pudar. Masalah-masalah tersebut pada dasarnya terjadi karena proses pembuatan yang tidak sempurna oleh karenanya perlu ketelitian dari konsumen saat membeli keramik dari batu alam tentunya dengan menyesuaikan Harga Batu alam. Berikut ini adalah beberapa ciri dari Keramik batu alam yang berkualitas.

–          Bahan Dasar Batu Alami

Mempunyai campuran dasar batu alam murni sehingga terlihat lebih rapat dan lebih sempurna garapannya. Tidak ada rongga atau celah pada susunan keramik tersebut sehingga garapan terlihat ebih rapi dan bersih.

–          Pecahan Batu Rapi dan Terstruktur

Bagi batu alam yang masih berupa pecahan batu asli tanpa ada proses peleburan dan pencampuran harus melihat kerapian dari batu itu sendiri. Apabila keramik dari batu alam tersebut mempunyai pola maka harus ada potongan keramik terstruktur sehingga mempermudah proses pemasangannya.

–          Tidak Mudah Pecah

Terakhir adalah keramik tidak mudah pecah sebagai ciri khas dari batu alam. Oleh karenanya berat dari keramik ini lebih berat jika dibandingkan dengan keramik berbahan dasar lainnya. Semakin banyak motif dan susunan keramiknya semakin terlihat kualitas dari Keramik batu alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.