Kelebihan Atap Spandek dan Perbandingan Harga Spandek per Meter

Posted on
Kelebihan Atap Spandek dan Perbandingan Harga Spandek per Meter
Rate this post

Mengenal Atap Spandek – Atap spandek merupakan atap yang dibuat dari campuran bahan aluminium dan seng. Namun, tak jarang produsen pembuatnya juga menambahkan bahan silikon. Penambahan silikon dilakukan demi menambah tingkat kelenturan atap. Dimana rasio komposisi yang sering digunakan para produsen untuk membuat atap berkualitas misal 55% aluminium, 43% seng, dan 2% sisanya silikon. Komposisi ketiga bahan tersebut mampu menghasilkan jenis atap bersifat kokoh, awet, ringan, dan lebih mudah dibentuk.

Bila diperhatikan bagian permukaan atap spandek tidaklah sama dengan atap jenis lainnya. Hal tersebut ada maksud dan tujuannya. Permukaan spandek sengaja didesain demikian supaya pengaplikasian cat menjadi lebih mudah. Terutama ketika proses pengecatan dilakukan. Sehingga proses pengecatan bisa berlangsung lebih cepat, efektif, dan efisien. Inilah salah satu kelebihan yang menjadikan atap berbahan spandek memang cocok untuk bermacam kebutuhan bangunan dan manufaktur.

atap spandek

Pengaplikasian Atap Spandek

Pada umumnya spandek diaplikasikan sebagai penutup bangunan ruko, gudang, pabrik, mall, atau lainnya. Tidak sedikit pula yang menggunakan spandek untuk mengganti fungsi genteng di rumah-rumah. Dimana ketebalan atap yang dipasang bisa jadi bervariasi bergantung kebutuhan.

Di pasaran sendiri ketebalan atap yang ditawarkan cukup variatif. Mulai dari 0,3 mm, 0,35 mm, 0,4 mm, 0,45 mm, hingga 0,5 mm. Sementara untuk lebar bentang atap juga tak kalah bervariasi. Perbedaan ketebalan atap ini sedikit banyak berpengaruh pula pada kualitas dan ketahannya. Tak heran bila semakin tebal ukuran spandek biasanya semakin tinggi pula harga atap spandek.

Kelebihan Atap Spandek Untuk Bangunan

Penggunaan spandek sebagai atap sekarang ini mulai marak. Bisa dilihat dari atap-atap gedung full color yang mewarnai daerah perkotaan terutama. Fenomena ini sedikit banyak disebabkan karena kelebihan yang dijanjikan bahan spandek.

Sekilas di atas sudah disebutkan apa yang menjadi kelebihan atap jenis spandek. Misalnya seperti atap yang lebih mudah dibentuk dan permukaan atap yang lebih mudah dicat. Adapun selain itu sebenarnya masih banyak kelebihan atap dari spandek yang perlu Anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut:

  • Warna Atap Spandek Variatif

Permukaan yang mudah dicat membuat para produsen giat untuk menyuguhkan atap jenis spandek dengan varian warna menarik. Tentu hal ini untuk menarik minat pasar. Di pasaran tersedia beragam pilihan seperti warna putih, hitam, abu-abu, kuning, jingga, biru, merah, hijau, ungu, dan cokelat. Banyaknya varian warna yang tersedia memberi kebebasan memilih sesuai selera dan kebutuhan. Pemberian warna cat pada bagian permukaan atap ini ternyata juga membuat atap berbahan spandek tidak tembus sinar matahari.

  • Daya Tahan Atap Awet dan Tahan Lama

Atap jenis ini digadang-gadang salah satu material yang paling awet dan tahan lama. Dimana atap memiliki kekuatan bertahan hingga berpuluh-puluh tahun, bisa mencapai 20 tahun lebih. Adanya komposisi pas antara bahan dasar aluminium dan seng juga memberi keuntungan lain yakni atap yang bersifat anti karat. Sehingga tampilan atap bangunan bisa terjaga apik dalam waktu lama.

  • Anti Pecah, Anti Keropos, dan Anti Rayap

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rata-rata atap berbahan spandek mempunyai ketebalan 0,3 mm hingga 0,5 mm. Ketebalan tersebut sebenarnya cukup tipis lantaran kurang dari 1 cm. Meskipun demikian, spandek amat kokoh, kuat, dan tahan lama karena dibuat dari bahan terbaik. Namun, tetap ada risiko atap mudah bengkok bila terinjak. Karenanya dibutuhkan proses pengerjaan yang baik penuh kehati-hatian. Dengan proses pengerjaan yang hati-hati dan profesional atap juga memiliki kelebihan lain. Seperti anti pecah, anti keropos, anti retak, anti patah, dan pastinya anti rayap.

  • Harga Atap Spandek Relatif Murah

Kisaran mahal atau murah bahan bangunan sebenarnya cukup relatif. Namun, bila dibandingkan dengan harga atap dari material lainnya beserta kelebihan yang ditawarkan memang harga atap spandek lebih ringan di kantong. Dimana harga atap bergantung dari ketebalan. Maksudnya setiap ukuran ketebalan dibandrol dengan harga berbeda. Semakin tebal ukuran atap, maka semakin tinggi pula harganya. Untuk daftar harga lebih rinci bisa dilihat langsung di toko bahan bangunan langganan dan terpercaya.

Bahan spandek untuk atap sekiranya belum sempurna benar. Hal ini karena masih didapati beberapa kekurangan. Misalnya efek suara yang lebih bising saat hujan akibat adanya bahan seng yang digunakan dalam komposisi pembuatan atap. Kelemahan lainnya yaitu suhu ruangan yang terasa panas di siang hari. Kondisi ini karena atap berbahan spandek memiliki daya serap sinar matahari relatif tinggi. Bahan spandek memang termasuk bahan konduktor panas yang bagus.

Akan tetapi, kekurangan yang ada sebenarnya tak perlu diambil pusing. Adapun suara bising atap dapat dikurangi menggunakan glass wool dan aluminium foil sebagai peredam. Demikian pula dengan suhu panas di dalam ruang juga bisa diminimalisir dengan penggunaan glass wool dan aluminium sebagai penahan. Mungkin langkah antisipasi ini membuat Anda harus keluar biaya tambahan. Tapi sekiranya bukan masalah karena harga spandek per meter relatif murah tanpa membuat bengkak anggaran.

Perbandingan Harga Atap Spandek per Meter

Sekilas tidak ada banyak perbedaan antara spandek, seng galvalum, dan seng gelombang. Sekilas semua terlihat sama, padahal tidak demikian. Karenanya melakukan perbandingan itu perlu. Salah satunya perbandingan harga, terlebih dengan bahan yang memiliki spesifikasi dan kelebihan hampir sama. Sebenarnya tidak beda jauh dengan seng galvalum atau seng gelombang. Yang mana harga seng galvalum ditentukan dari ukuran per meter atau per lembar. Hanya saja biasanya beda brand dan kualitas akan beda pula harganya.

Seng galvalum sendiri juga dikenal berkualitas bagus untuk atap. Seng galvalum konon malah lebih tahan panas dan suara berisik akibat tetes air hujan, kucing berlari, atau gangguan yang lain. Hal ini karena bahan galvalum mampu menyerap panas lebih sempurna dengan ketebalan yang lebih baik sekaligus anti karat. Jadi memang beda dari atap bahan seng kebanyakan.

Seperti halnya atap dari bahan spandek, semakin besar ukurannya tentu harganya juga akan semakin mahal. Dalam hal ini selaku pembeli Anda mesti selektif membeli. Jangan sampai tergoda harga murah yang ternyata kualitasnya murahan. Hanya saja bila dilakukan perbandingan harga, maka harga seng gelombang atau seng galvalum cenderung lebih mahal. Perbandingan bisa dilakukan untuk ketebalan atap yang sama. Dimana umumnya atap seng galvalum lebih mahal dibanding atap spandek. Hal ini sangat wajar mengingat cara pembuatan seng galvalum dan seng gelombang yang lebih rumit dengan fungsi yang tak kalah baik.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, spandek termasuk bahan yang patut dipertimbangkan untuk atap bangunan Anda bukan? Spandek salah satu rekomendasi tepat untuk atap bangunan komersil ataupun hunian. Karena alasan itu pula tak heran bila dewasa ini banyak masyarakat memilih menggunakan atap spandek untuk bangunannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *