Jenis Harga Hebel, Kelebihan Dan Kekurangan

Posted on
Jenis Harga Hebel, Kelebihan Dan Kekurangan
Rate this post

Bata hebel atau yang lebih dikenal dengan bata ringan adalah jenis batu bata yang memiliki berat jenis ringan jika dibandingkan yang lainnya. Hebel ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti pasir, semen, kimia busa, gypsum, kapur, pasta aluminium dan juga air. Dalam membuat bata hebel juga terdapat beberapa peralatan yang digunakan sebagaimana membuat bata biasa pada umumnya yakni, cetakan, mesin molen dan mesin foam generator.

Saat ini keberadaan bata hebel ini semakin diminati oleh kebanyakan masyarakat, terlebih oleh para developer perumahan. Biasanya mereka menjadikan bata hebel sebagai pondasi utama membuat dinding rumah. Bata hebel adalahjenis batu bata terbaru dan merupakan alternatif dari batako dan bata merah. Mengetahui keberadaannya yang semakin diminati, banyak orang yang juga membutuhkan informasi mengenai harga hebel ini.

harga hebel

Bata ringan atau hebel ini sudah dimanfaatkan sejak tahun 1923 sebagai pengganti bata merah di Swedia. Setelah itu, pada tahun 1943, Jerman juga menggunakan hebel untuk pertama kalinya yang digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Pada saat itu, Bata hebel ini dimodifikasi dengan sangat beragam oleh seorang ahli yang bernama Joseph Hebel. Modifikasi ini menjadikan meterial hebel menjadi semakin kuat. Maka dari itu, bata ini kemudian diberi nama Bata hebel karena untuk mengingat serta menghormati usaha kerasnya dalam melakukan pengembangan dari material ringan ini.

Bata hebel di Indonesia dikenal sejak awal tahun 1995. Namun sebelumnya, masyarakat Indonesia telah mengenal bahkan menggunakan bata merah pada dinding temboknya. Harga hebel juga relatif lebih mahal karena keunggulan yang ditawarkannya melebihi bata merah. Melihat harga yang demikian, masyarakat Indonesia biasanya masih mempertimbangkannya jika ingin menggunakannya. Namun, banyak juga masyarakat Indonesia yang kini telah tertarik menggunakan bata hebel ini. Tentunya yang memiliki budget tinggi serta keinginan kuat dalam mengaplikasikan hebel pada dinding bangunannya.

Jenis Bata Hebel

Sebelum mengetahui harga bata hebel, terlebih dahulu anda harus mengetahui jenis- jenisnya. Terdapat dua jenis bata hebel yang dikenal dan beredar di pasaran yaitu bata hebel AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan bata hebel CLC (Cellular Lightweight Concrete). Berikut adalah perbandingan dari kedua jenis bata hebel tersebut.

  1. Bata hebel AAC

Warna dari AAC yaitu berwarna putih. Hal ini dikarenakan bahan pembuat dari bata hebel AAC ini berasal dari pasir silika dan kapur. Untuk bobotnya, AAC bobotnya lebih ringan karena material dan pembuatannya juga berbeda. Pembuatannya biasanya menggunakan peralatan sederhana di industri rumahan sehingga kapasitas produksinya juga tidak terlalu besar. Jika anda menggunakan AAC ini pada dinding rumah, maka dibutuhkan semen khusus yaitu mortar/ thinbed.

  1. Bata hebel CLC

Jenis kedua yaitu CLC, jika warna dari AAC putih, CLC ini memiliki warna abu- abu karena material pembuatannya mengandung pasir sungai atau pasir tambang. Untuk bobot yang dimilikinya yaitu lebih berat dari jenis AAC. Selebihnya, dalam pembuatannya, CLC biasanya dibuat dengan peralatan canggih dan modern. Kapasitas produksinya banyak dan dapat dijaga dengan baik. Jika di pasang pada dinding bangunan, CLC bisa dipasang dengan semen biasa.

Keunggulan Menggunakan Bata Hebel

Mengapa banyak orang yang memilih jenis bata hebel? tentunya hal ini tak lepas dari beberapa keunggulan yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh bata hebel.

  1. Ukurannya lebih rapi dan seragam sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi pula.
  2. Memiliki ketahanan yang baik terhadap terjadinya gempa bumi.
  3. Kecil kemungkinan untuk terjadi rembesan air karena dinding dengan bata hebel kedap air.
  4. Tahan terhadap api
  5. Kekedapan suara sangat bagus.
  6. Bobotnya lebih ringan dari pada bata biasa sehingga beban struktur juga menjadi lebih kecil.
  7. Menghemat penggunaan perekat karena dalam pemasangannya tidak memerlukan siar yang tinggi.
  8. Lebih mudah dalam proses pengangkutannya.
  9. Proses pemasangannya juga lebih cepat dan mudah jika dilakukan oleh orang yang ahli.
  10. Mudah instalasi karena bata hebel lebih mudah dibor atau dipotong.
  11. Dalam hal kualitas fisik sangat berkualitas.

Kekurangan Bata Ringan/ Bata Hebel

Mengetahui kelebihannya saja tentu tidak cukup. Jadi, sebelum anda memutuskan untuk menggunakan bata hebel ini dalam pembuatan atau renovasi bangunan anda. Anda harus mengetahui kelebihan, kekurangan serta harga hebel ini. Berikut beberapa kekurangan dari bata hebel.

  1. Menggunakan perekat khusus.
  2. Ukurannya besar sehingga jika yang dibutuhkan ukuran tanggung, maka akan membuang cukup banyak.
  3. Dalam hal pemasangannya juga harus dilakukan oleh orang- orang yang ahli karena jika tidak demikian, maka dampaknya akan sangat kelihatan.
  4. Lebih sulit dikeringkan jika terkena air.
  5. Harganya tentu relatif mahal dibandingkan dengan bata biasa.
  6. Dalam mendapatkan bata hebel juga tidak semudah mendapatkan bata merah biasa karena biasanya hanya tersedia di toko material yang sudah besar.
  7. Penjualannya pun juga dalam volume yang besar pula.

Berdasarkan uraian di atas, setiap material bangunan memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing. Jadi, hal ini kembali lagi pada kebutuhan, keinginan serta budget anda dalam memilihnya.

Berapa Harga Hebel ?

Penjualan hebel biasanya menggunakan satuan meter kubik. Untuk harga hebel per kubik menyesuaikan dengan masa berlaku di daerah anda. Jadi, setiap daerah bisa memiliki harga yang berbeda. Perbedaannya pun bisa kecil dan bisa juga besar. Untuk harga hebel per 1 M3 berkisar antara 700.000 hingga 750.000,-. Namun sekali lagi, harga ini bisa berubah lain waktu dan berbeda di setiap daerahnya.

Hebel memiliki beberapa tingkat ketebalan yaitu 75, 100, 125, 150, 175 dan 200 mm. Semakin tebal hebel, semakin kuat pula kekuatan dinding yang dibangun nantinya. Namun, tidak semua ukuran hebel tersebut tersedia dan mudah didapatkan. Ukuran yang mudah di dapatkan yaitu ukuran 75 dan 100 cm. Harga disesuaikan dengan ketebalan bata hebel. Ketebalan 75 mm berkisar antara 720- 750 per 111 pcs, sementara herga hebal dengan ketebalan 100 mm kisaran harganya sama yaitu 720- 750 per 83 pcs. Untuk spesifikasinya yiatu bata hebel memiliki panjang 600 mm, tingginya sekitar 200 hingga 400 mm. 520 kg/ madalah berat jenis keringnya, sementara berat jenis normalnya sekitar 650 kg/ m3.

Untuk proses pembuatannya, bahan- bahan seperti semen, pasir dan juga air diaduk dalam mesin molen yang sudah disediakan. Kemudian, masukkan campuran tersebut ke dalam mesin foam generator dengan diberikan kimia busa. Jika sudah merata, maka campuran tersebut kemudian dicetak seperti pada pembuatan bata merah biasa. Jika sudah dicetak, maka langkah selanjutnya dilakukan pengeringan yaitu dengan dijemur.

Untuk mengetahui harga hebel secara pasti, sebaiknya anda langsung mendatangi toko bangunan yang ada dan bertanya secara jelas mengenai harganya. Jika anda ingin menggunakannya selalu lakukan kroscek harga terlebih dahulu di toko bangunan terdekat rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.