Jenis dan Harga Triplek Melamin Sesuai Ukuran Triplek

Posted on
Jenis dan Harga Triplek Melamin Sesuai Ukuran Triplek
Rate this post

Banyak sekali barang – barang yang diperlihatkan di pameran furniture, anda juga mungkin sering melihat – lihat benda yang dipamerkan, harga triplek pun beragam, ada yang murah dan ada pula yang sangat mahal. Karena tentu saja, anda pun tahu bahwa harga menentukan kualitas yang ditawarkan. Namun, kebanyakan masyarakat hanya tahu “Triplek” Tanpa paham kualitas macam dan barang yang mereka beli karena biasanya semua jenis Triplek ini memiliki bentuk yang nyaris mirip.

Banyak kesalah pahaman yang membuat kita kebingungan, Sehingga bisa saja jika ada lemari yang berbentuk sama, Namun harganya berbeda 2 kali lipat, sehingga mungkin saja kita akan dibuat bingung karena untuk apa membeli lemari yang mahal jika mendapatkan lemari dengan desain yang sama namun dengan harga yang lebih murah?, Selain dengan bahan pembuatannya, biasanya tentu saja ukuran triplek akan mempengaruhi harganya.

harga triplek

Ada beberapa material dan berbagai jenis triplek yang dapat digunakan untuk furniture anda, yaitu:

  1. Partikel Board

Bisa disebut, Partikel Board merupakan material olahan kayu yang terendah jenisnya. Mudah dilalui air, mudah ditembus air, dan tidak kuat menahan beban berat, Temtu saja ini terjadi, karena Partikel Board terbuat dari bahan serbuk kayu yang di press, sehingga pori – porinya lebih besar dibanding jenis lainnya, Partikel Board jarang dipakai untuk pembuatan furniture dengan desain khusus (Custom Made)

  1. Multiplek

Bahan dasar yang digunakan untuk multiplek merupakan plywood atau kulit kayu yang berlapis – lapis dan dipress, sehingga jeis olahan kayu ini lebih kuat dibandingkan dengan jenis olahan kayu lainnya, jika penanganannya baik, maka multiplek bisa bertahan dan digunakan selama sepuluh tahun. Tekstur lapisannya kuat dan lebih rapat, karena itu, multiplek lebih bagus dan tahan terhadap air. Multiplek dibagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. a)Soft Wood: Dilihat dari namanya, Soft wood berbahan yang berasal dari kayu lunak, Kayu Albasia Falcalta yang berada di sekitar jawa barat atau kayu Angsana biasanya dipakai untuk olahan jenis kayu ini, biasanya jenis ini digunakan untuk membuat furniture interior,kotak packing atau lain sebagainya
  2. b)Hard Wood: berasal dari bahan dasar kayu yang keras,  Meranti atau kayu pohon buah biasanya digunakan untuk membuat Hard Wood ini, karena berat,  bahan plywood ini sering digunakan untuk membuat furniture interior, papan penahan atau berkesting biasanya menggunakan hard wood ini.
  3. c)Triplek Fancy: Multiplek jenis ini sering juga disebut (decorative plywood) atau triplek dekorasi, Kayu ini memiliki permukaan yang sangat indah, tampilan kayu lapis ini memang sangat baik. Permukaan kayu ini biasanya berasal dari kayu dalam negeri semisal  jenis mahoni yang sering digunakan, jati yang kuat, sungkai, atau lain sebagainya, bisa juga dari kayu luar negeri yang berasal dari, White Oak, Red Oak dan lain – lain, Harganya tentu lebih tinggi dibandingkan dengan jenis harga triplek biasa.

Harga dari multiplek biasanya tergantung dari ukuran multiplek dan ketebalannya, biasanya berkisar antara 70.000 hingga 200.000 hingga lebih.

  1. Blockboard

Biasanya Blockboard ini berlapis tiga kayu, biasanya kayu ini terdiri dari satu lembaran kayu yang diapit dua lembar kayu yang lebih ringan /  tipis, lapisan luarnya memiliki ketebalan dari 0.5 sampai 2 mm, selain itu, lapisan blockboard ini memiliki serat yang banyak sekali macamnya, seperti yang sering dipasarkan yaitu, serat jati, melaminto, serat kayu biasa atau lapisan yang lain sebagainya. Lapisan dari serat kayu biasa sering disebut dengan tripleks, dan melaminto atau yang bentuknya seperti lapisan licin atau berwarna putih, biasanya digun\akan untuk membuat papan tulis atau alat untuk memakai spidol untuk menulis. Selain dua lapisan itu, ada juga serat lainnya yang memiliki berbagai corak. Blockboard memiliki bagian tengah yang dimensi nya lebih besar, sering digunakan kayu akasaia dan meranti untuk mengisi bagian tengah ini. Namun, Blockboard bisa disebut sangat sulit untuk dilengkungkan karena dengan bentuknya yang solid.

  1. Teablock

Teablock atau kayu jati, namun kayu jati disini bentuknya lebih ke berbentuk lembaran yang dimensinya panjang lebar, seperti blockboard dan multipleks, biasanya bahan yang digunakan untuk melapisinya adalah teakwood, fungsi dari teakwood ini adalah untuk memberi corak, dan corak yang ditawarkan pun bermacam – macam, biasanya teablock menggunakan finishing melamin, sehingga serat kayu jatinya terlihat lebih jelas.

  1. MDF

Medium Density Fiberboard atau Papan Serat Kayu, kayu ini dibuat dari kayu dengan serat yang keras atau lunak, dicampur lem dan lilin, kemudian dimasukan kedalam mesin cetak dengan bertekanan dan temperatur sangat tinggi, lalu terbentuklah MDF yang tingkat kerapatannya sangat tinggi, tentu saja bahan baku ini lebih baik dibandingkan dengan patikel board. Kerapatannya sangat baik inilah yang membuat MDF digunakan untuk mengganti triplek atau jenis lainnya dalam pembuatan furmiture interior atau bahkan untuk pembuatan loudspeaker (box pengeras suara) MDF akan menghasilkan kualitas suara yang baik dibandingkan dengan triplek ataupun multiplek

  1. Melaminto

Bahan ini merupakan salah satu bagian dari decorative plywood, atau plywood yang digunakan untuk memperindah penampilan, khusus untuk melaminto, bahan pelapisnya menggunakan polyester dan melamine yang kemudian diberi pewarna. biasanya mungkin anda sering melihat melaminto berwarna putih, namun ada juga warna hijau muda, merah muda, biru muda, atau cream, namun, warna ya\ng paling standar adalah putih.

Namun jikan ada pembeli yang ingin berwarna hitam atau warna lainnya, bisa menggunakan special order atau pesanan khusus, ketebalan dari melaminto biasanya 2 mm – 3 mm. Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan white board, atau untuk bagian dalam di pembuatan lemari atau kitchen set. Harga Triplek Melamin biasanya berkisar antara 80.000, tergantung ukuran, ketebalan dan kualitasnya.

Selain ke enam jenis itu, masih banyak jenis – jenis dari bahan triplek, selain itu, harga triplek dan kualitasnya harus bisa anda pilih dengan baik, lebih baik kualitasnya, maka harga nya pun akan lebih tinggi.

Lalu bagaimanakah dengan harga yag ditawarkan?

  1. Soft Wood

Softwood dengan ukuran 122 x 244 cm dan berbahan kayu Albasia biasanya memiliki mulai dari harga 50.00 sampai 170.000, namun jika dengan bahan kayu Sengon bisa anda miliki dengan harga 40.000 hingga 170.000.

  1. Hardwood

Hardwood dengan bahan meranti berukuran 122 x 244 cm biasanya harga berkisar antara 40.000 hingga 225.000, selain itu, ada juga bahan palm dan tunas yang berukuran 4 x 8 dengan harga berkisar 40.000 hingga 170.000

selain kedua bahan itu masih ada juga Melaminto, Blockboard, MDF dan bahan lainnya yang mungkin harganya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan – bahan yang diatas.

itulah beberapa jenis triplek dan harga triplek yang bisa anda gunakan acuan untuk membuat furniture yang anda inginkan, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.