Jenis dan Harga Kabel Listrik untuk Bangunan Eterna NYM

Posted on
Jenis dan Harga Kabel Listrik untuk Bangunan Eterna NYM
Rate this post

Harga kabel listrik ditentukan berdasarkan banyak faktor, salah satunya adalah jenis dan juga merk dari kabel tersebut. Bagi anda yang sendang membangun rumah, berikut ini merupakan penjelasan mengenai jenis-jenis kabel listrik yang bisa anda gunakan untuk keperluan bangunan anda.

Harga Kabel Listrik dan Jenis Kabel Listrik

Listrik merupakan salah satu produk teknologi yang bisa digunakan untuk banyak keperluan. Hal ini disebabkan karena listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain berdasarkan perangkat yang digunakan. Banyaknya manfaat dan juga hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan listrik membuat penghantar listrik juga sangat beragam. Bagi anda yang sedang membangun rumah, anda perlu mengetahui hal-hal penting seperti harga kabel Eterna atau kabel dari brand lainnya serta jenis-jenis kabel yang dimilikinya. Lalu apa saja jenis-jenis kabel yang diperlukan untuk kebutuhan rumah? Berikut ulasannya.

harga kabel listrik

  • Kabel NYA

Salah satu jenis kabel listrik yang biasa digunakan untuk rumah tangga adalah kabel NYA, kabel ini merupakan kabel yang biasa digunakan dalam instalasi listrik untuk rumah tangga. Jenis kabel ini merupakan jenis kabel yang memiliki inti tunggal. Untuk diameternya, kabel ini memiliki ukuran sekitar 1.5 hingga 2.5 mm. Kabel berinti tunggal ini merupakan sebuah kabel yang memiliki bahan isolasi dari PVC untuk masing-masing intinya. Seperti kebel pada umumnya, jenis kabel ini juga memiliki kode warna. Kode warna yang digunakan oleh kabel ini antar alain adalah warna hitam, biru, kuning dan juga warna merah.

Setiap barang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jenis kabel ini adalah harganya. Harga kabel listrik dengan tipe NYA ini bisa disebut merupakan kabel dengan harga yang murah sehingga merupakan jenis kabel yang sangat cocok untuk rumah tangga. Sayangnya ketika anda menggunakan kabel NYA untuk keperluan rumah tangga anda perlu berhati-hati dalam pemasangannya. Hal ini disebabkan karena kabel dengan tipe NYA ini merupakan kabel yang cukup rapuh. Artinya ia mudah rusak karena adanya goresan atau perubahan cuaca. Selain itu jenis kabel ini juga sangat mudah rusak ketika digigiti tikus.

Untuk menjaga agar kabel dengan jenis NYA ini lebih tahan lama sebaiknya ketika dilakukan instalasi kabel ini dilapisi dengan bahan pelindung seperti pipa. Jenis pipa PVC tipe C sudah cukup membantu untuk melindungi kabel anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti diatas. Untuk harganya, harga kabel listrik dengan tipe NYA ini memiliki harga berkisar antara 145 ribu rupiah hingga lebih dari 10 juta rupiah. Range harga ini didasarkan pada brand yang mengeluarkan kabel tersebut.

  • Kabel NYY

Selain kabel NYA ada juga jenis kabel lainnya yaitu kabel NYY. Kabel NYY merupakan salah satu kabel yang digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu. Jenis kabel NYY merupakan kabel yang memang dirancang secara khusus untuk digunakan dalam tanah. Hal ini membuat jenis kabel ini sangat cocok digunakan pada berbagai kondisi baik itu di luar ruangan, kondisi lembab ataupun kering. Sangat berbeda dengan kabel dengan tipe NYA. Karena perbedaan desain yang dimiliki oleh kedua kabel ini membuat kedua kabel ini memiliki range harga yang sangat bebeda. Harga kabel NYY jauh lebih mahal daripada harga dari kabel NYA. Lalu berapa harganya?

Untuk harganya, kabel NYY ini memiliki kisaran harga mulai dari 300 ribu rupiah hingga 55 juta rupiah. Bagaimana? Cukup besar bukan perbedaanya. Akan tetapi perbedaan harga yang signifikan ini juga membuat penggunaan dari kabel NYY ini menjadi lebih luas dan lebih aman. Salah satu yang menyebabkan kabel ini menjadi cukup aman digunakan adalah karena kabel ini memiliki isolator yang lebih kuat dan juga tebal. Bahkan isolator yang dimiliki oleh kabel ini tidak akan rusak atau cacat karena gigitan tikus. Hal ini menyebabkan kabel dengan tipe NYY ini menjadi sangat cocok digunakan untuk keperluan luar ruangan terutama untuk keperluan berupa pengaliran listrik yang bertegangan tinggi.

Berdasarkan harga dan fungsinya, perbedaan antara kabel NYY dan juga kabel NYA sudah dijelaskan. Sekarang kita akan membahas perbedaan fisik antara kedua kabel ini. Untuk perbedaan fisiknya, kabel NYA dan juga kabel NYY memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Kabel NYY memiliki ukuran yang lebih besar daripada kabel NYA. Hal ini disebabkan karena salah satunya adalah isolatornya yang memang jauh lebih tebal dan kuat. Selain itu warna dari kabelnya. Kabel NYY memiliki warna hitam dengan intinya 2 hingga 4 sehingga memang lebih besar dari kabel NYA.

  • Kabel NYM

Seperti kabel NYY, kabel NYM juga memiliki inti lebih dari 1. Kabel kabel NYM ini merupakan salah satu jenis kabel yang tidak juga tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Jenis kabel ini merupakan jenis kabel yang digunakan untuk keperluan instalasi listrik di bangunan yang besar. Sering kali jenis kabel ini bahkan langung di tanam di dinding sehingga juga harus memiliki bahan yang kuat. Hal inilah yang menyebabkan masing-masing inti yang dimiliki oleh kabel NYM harus memiliki isolator.

Diluar dari inti kabel, kabel ini masih dilapisi lagi dengan isolator yang dibuat dari bahan PVC. Hal ini membuat kabel ini menjadi jenis kabel yang cukup aman digunakan untuk bangunan. Penggunaan dari kabel NYM ini juga mirip dengan kabel NYY. Kabel ini bisa digunakan untuk instalasi listrik di ruangan yang basah atau kering. Sayangnya kabel ini tidak sekuat kabel NYY  karena kabel NYM ini tidak cocok untuk penggunaan luar ruangan yang membutuhkan penanaman.

Karena manfaatnya yang cukup besar dan luas ini jenis kabel NYM memiliki harga yang cukup mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan kabel NYA. Bagi anda yang membutuhkannya, anda perlu merogoh kocek sekita Rp 250 ribu hingga Rp 5 juta untuk bisa menggunakannya.

Brand kabel listrik

Jenis dari kabel listrik merupakan salah satu hal yang menentukan harga kabel listrik tersebut. Akan tetapi harga kabel listrik tidak hanya akan dipengaruhi oleh jenisnya tapi juga ukuran dan juga brand kabel tersebut. Untuk brand kabel listrik yang bisa dengan mudah kita temukan antara lain adalah kabel listrik Eterna dan juga kabel listrik Supreme. Kedua jenis kabel ini merupakan kabel yang cukup populer di Indonesia. Untuk harga kabel listrik per meter dari masing-masing merk tidak begitu banyak terpaut. Bedanya adalah kabel dengan merk Supreme memiliki lebih banyak varian sehingga ada beberapa yang harganya lebih mahal.

Untuk membangun sebuah rumah, gedung atau bangunan yang lain penggunaan listrik merupakan salah satu hal yang sangat penting. Akan tetapi listrik juga merupakan salah satu unsur yang berbahaya, oleh karena itu keberadaan instalasi listrik juga perlu diperhatikan. Jenis kabel yang tepat akan membuat instalasi listrik menjadi lebih aman. Oleh karena itu bagi anda yang akan membuat instalasi listrik, anda bisa memperhatikan harga kabel listrik dan juga jenisnya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.