Jenis Batu Alam untuk Lantai Terlihat Lebih Alami dan Minimalis

Posted on
Jenis Batu Alam untuk Lantai Terlihat Lebih Alami dan Minimalis
Rate this post

Batu alam untuk lantai sudah menjadi pembicaraan baru-baru ini karena menjadi salah satu pilihan keramik yang paling banyak digunakan di rumah khususnya rumah yang mengusung desain minimalis. Desain minimalis selalu menyajikan rumah yang simpel, sederhana, dan alami namun mempunyai kesan mewah dan elegan. Penggunaan batu alam sendiri sebagai lantai keramik karena desain dan motifnya yang indah dan bisa dipesan sesuai dengan keinginan. Belum lagi dengan banyaknya pilihan jenis keramik batu alam yang bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan yang akan digunakan.

Batu alam asli saat ini menjadi komoditas elit karena pengolahannya yang begitu rumit dan butuh ketelitian dan kesabaran dalam peletakannya dalam ruangan. Bahkan ada batu alam untuk lantai yang utuh dan tidak mempunyai batas petak-petak dalam satu ruangan. Akan tetapi seiring dengan dengan kemajuan zaman saat ini, banyak batu alam yang mulai diciptakan sendiri dengan tidak melepaskan unsur alam di dalamnya. Hal ini ditujukan untuk memudahkan tukang pemasangan batu sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Adapun jenis batu yang umum dikenal oleh masyarakat adalah batu alam keras dan batu alam lunak. Berikut ini akan dijelaskan jenis tersebut satu persatu sehingga konsumen dapat memilih batu alam yang tepat untuk dipasang dilantainya.

batu alam untuk lantai

Jenis Batu Alam Untuk Lantai Keras

Sebagaimana namanya batuan ini mempunyai kepadatan yang tinggi sehingga tak tampak sedikitpun rongga dibagian dalamnya. Batu ini termasuk dalam kategori batu berusia tua melihat dari kecilnya porositas di dalam batu tersebut. adapun jenis batu keras terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Batu alam andesit

Batu alam terkuat dan paling padat saat ini adalah batu andesit. Batu ini terbuat dari pecahan atau lontaran bebatuan dalam gunung berapi. Pada umumnya berwarna abu-abu atau abu-abu bercampur dengan hitam. Warna batu ini sengajadibiarkan tanpa diubah demi menjaga kealamiannya karena mempunyai tekstur dan motif yang padat sehingga tampak begitu alami. Batu andesit sudah terkenal akan kualitasnya karena merupakan batuan nomer wahid dalam hal daya tahan. Ciri khas yang ada pada batu ini adalah tahan dalam segala kondisi cuaca, tahan akan lumut, serta dapat menyerap air sehingga permukaan selalu terasa kesat membuat batu ini selalu menjadi favorit masyarakat.

  • Batu Alam Granit

Rumah dengan batu alam granit didalmya sudah hal yang umum terjadi karena batu alam granit termasuk ke dalam salah satu jenis batu favorit pilihan masyarakat untuk ditempatkan didalam rumahnya. Khususnya yang menginginkan Batu alam untuk lantai rumahnya. Sifatnya yang tahan akan suhu tinggi membuatnya sangat cocok untuk ditempatkan diberbagai tempat didalam rumah seperti dapur dan ruang keluarga. Batu alam granit merupakan batu yang ditambang dengan bentuk balok untuk memudahkan pengangkatan dengan proses pemotongan menggunakan alat besar. Batu alam granit adalah batuan beku intrutif yang terbuat dari proses penyusunan bebatuan alam sehingga menciptakan satu batu yang mempunyai motif indah.

  • Batu Alam Sabak

Batu alam sabak atau lebih dikenal dengan batu kali. Batu sabak menjadi batu yang paling banyak digunakan saat ini karena proses penambangannya yang mudah. Hal ini tak lepas dari susunan di dalam batu sabak yang mempunyai lapisan-lapisan sehingga mudah untuk mengambil dan memotongnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Batu ini memiliki kemiripan dengan batu andesit hanya saja pada batu kali tidak mempunyai tingkat kepadatan layaknya batu andesit karena adanya lempengan-lempengan di dalamnya. Batu alam sabak ini akan sangat cocok digunakan pada lantai kamar mandi atau lantai di sekitar taman depan rumah karena sifatnya yang mudah menyerap air melalui pori-porinya.

  • Batu Alam Marmer

Pernakah mendengar nama Tulungagung? Jika pernah pasti mengenal Tulungagung sebagai kota marmer terbesar di Jawa Timur karena produksinya yang melimpah. Batu alam marmer terbuat dari kristalisasi batu gamping atau dolomit sehingga warna khas dari marmer ini adalah putih menuju krem seperti susu kental manis. Batu ini sering juga disebut dengan batu pualam karena beningnya batu ini seperti kristal. Jika menggunakan bahan marmer untuk lantai rumah ada baiknya untuk memilih jenis marmer berwarna gelap. Hal ini dikarenakan batu ini memiliki celah atau pori yang bisa menyerap air. Dan jika warna putih berada dilantai lantas ada tumpahan air yang mempunyai warna tentunya akan meresap dan merubah eksotisan lantai ini. Tak jarang orang yang ingin memasang marmer warna cerah dilantainya harus melapisinya dengan akrilik untuk menghindari adanya pori yang menyerap air.

Batu Alam Lunak

Batu alam lunak bukan berarti batu tersebut empuk dan enak untuk digunakan sebagai bahan dasar keramik lantai. Akan tetapi yang dimaksudkan disini adalah batu yang berusia masih muda sehingga belum mempunyai kepadatan yang sempurna. Namun bukan berarti batuan ini tidak bisa digunakan. Berikut ini adalah jenis dari batu alam untuk lantai lunak.

  • Jenis batu Pasir

Jenis batu pasir tercipta melalui endapan pasir yang sudah menumpuk dalam beberapa kurun waktu sehingga memadat dan membentuk batu. Salah satu ciri khas yang ada pada batu alam ini adalah mudah untuk dibentuk sehingga bisa disesuaikan dilantai manapun. Akan tetapi salah satu kelemahannya adalah mudah mengundang lumut sehingga tidak cocok untuk lantai kamar mandi. Karena itulah tak jarang sebelum meletakkan batu ini dilantai etrlebih dahulu dilakukan proses coating untuk menghindari pertumbuhan lumut.

  • Batu Alam Breksi

Salah satu batu alam favorit saat ini adalah jenis batu breksi. Warna yang ditawarkan oleh batu ini adalah hijau muda, abu-abu, dan coklat. Batu alam breksi menjadi favorit karena motifnya yang menyerupai urat otot manusia. Karena batu alam breksi tergolong dalam batuan yang lunak otomatis ada baiknya untuk melapisinya dengan lapisan yang mampu menutup pori-portinya agar tidak mudah rusak saat ada aktifitas diatasnya.

  • Batu Alam Bali Green

Batu alam ini termasuk ke dalam batuan yang unik karena berbentuk seperti pasir yang bercampur dengan batuan kerikil. Batu ini memiliki warna hijau lumut dan hijau muda. Coraknya yang indah dan warnanya yang hijau membuatnya dinamakan sebagai batu alam bali green.

  • Jenis batu Candi

Sebagaimana namanya batu ini mempunyai tekstur penyusun layaknya yang digunakan pada candi-candi di Indonesia. Batu alam candi mempunyai warna asli yakni abu-abu gelap yang menjadi ciri khasnya. Bantu alam candi terbentuk dari proses pembekuan lava yang dikeluarkan gunung berapi. Tekstur khas dari batu alam candi ini adalah ringan dan mempunyai rongga yang cukup besar sehingga sangat mudah untuk menyerap air. Batu alam ini sangat cocok digunakan dibagian eksterior rumah atau di lantai teras rumah. Kesan sejuk, segar, dan dingin akan terasa saat batu candi ini dipasang sebagai Batu alam untuk lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.