Harga Wiremesh, Kegunaan dan Cara Pemasangannya

Posted on
Harga Wiremesh, Kegunaan dan Cara Pemasangannya
Rate this post

Wiremesh adalah bahan mterial yang terbuat dari beberapa bahan seperti batang logam, aluminium atau baja yang kemudian dihubungkan antara satu dan yang lainnya. Jenis dan ukuran wiremesh juga beragam disesuaikan dengan kebutuhan. Di Indonesia besi wiremesh ini dikenal dengan kawat atau besi ayam karena bentuknya kotak- kotak seperti di anyam. Beberapa kelebihan dan manfaat dari besi wiremesh ini diantaranya menjadikan pekerjaan pembesian menjadi lebih cepat, mengurangi berat besi tulangan yang ada dalam beton dan waktu konstruksi bangunan menjadi lebih hemat. Karena kegunaannya tersebut, banyak orang yang ingin mengetahui berapa harga wiremesh tersebut.

Besi wiremash terdiri dari dua jenis yaitu ada yang berupa lembaran dan ada juga yang berupa gulungan/ roll. Ukuran standar pada besi wiremesh yang berupa lembaran yaitu 2,1 meter x 5,4 meter. Sedangkan untuk jenis yang gulungan atau rol memiliki ukuran 2,1 meter x 54 meter. Untuk ukuran diameter besi wiremesh ini tersedia dari yang palin kecil hingga besar. Ukuran paling kecil yaitu empat dan biasanya disebut dengan M4, M5 seterusnya hingga yang terbesar yaitu M12. Setiap ukuran wiremesh memiliki standart kekuatan yang berbeda. Semakin besar ukuran diameternya, maka semakin kuat ketahanannya.

Harga Wiremesh

Kegunaan Wiremesh

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan mengenai kegunaan wiremesh, namun pada poin ini akan dijelaskan lebih rinci apa saja kegunaan besi wiremesh ini.

  1. Untuk konstruksi beton

Jenis wiremesh yang digunakan untuk konstruksi beton ini adalah wiremesh yang sudah dirangkai dan saling terkait di dalamnya. Tidak perlu untuk dianyam lagi sehingga proses pemasangannya lebih hemat. Tidak hanya itu, dalam hal biaya juga lebih hemat.

  1. Untuk mengangkut barang

Selain untuk beton, kegunaan lainnya yaitu untuk mengangkut barang. Hal ini biasanya dapat ditemukan di pabrik pengolahan makanan, pengaturan gudang, dll. Dalam hal ini, besi wiremesh tersusun menjadi bagian sabuk yang sangat fleksibel. Sabuk tersebut umumnya berbahan dasar stainles stell sehingga lebih awet.

  1. Untuk keperluan lain

Untuk wiremsh yang sangat tipis juga masih memiliki kegunaan, misalnya untuk menyaring. Penyaringan ini beragam manfaatnya sesuai kebutuhan, bisa untuk kebutuhan berkebun, untuk filter pada mobil, untuk perindustrian, atau sering juga anda temukan di sekitar rumah. Ukuran panel wiremesh yang lebih besar berguna untuk mengayak pasir dan hal ini sering kita lihat saat seseorang sedang membangun rumah, toko, dll. Untuk panel wiremesh yang sangat kecil pun masih sangat berguna, biasanya digunakan untuk penyaringan bakteri, dll.

Tips Memilih Wiremesh

Sebelum mengetahui harga wiremesh, ada baiknya jika anda mengetahui tips bagaimana memilih besi wiremesh yang digunakan pada pondasi bangunan anda. Jika tidak mengetahui tipsnya, maka bisa saja anda asal dalam memilih sehingga hal ini akan mempengaruhi konstruksi bangunan anda. Berikut tipsnya untuk anda.

  1. Perhatikan kondisi besi

Kondisi besi sangat penting untuk diperhatikan saat anda membeli wiremesh. Jika besi sudah dalam keadaan teyeng/ karat, sebaiknya jangan dipilih. Kekuatan besi yang sudah teyeng tentu sudah berkurang dibanding dengan besi yang masih bagus.

  1. Perhatikan diameter kawatnya

Selain memperhatikan kondisi besi masih bagus atau tidak, langkah selanjutnya yaitu memperhatikan diameter kawatnya. Ukuran wiremesh sangat beragam. 1 ukuran yang berbeda juga dapat mempengaruhi kelebaran bentang bangunan nantinya. Untuk itu, jika yang anda butuhkan adalah wiremesh ukuran M4, maka jika ditawarkan dengan ukuran lain sebaiknya tidak diterima.

Besi Wiremesh Yang Baik

Selain dengan tips di atas, anda juga harus mengetahui bahwa besi wiremesh yang bagus dan baik adalah yang menggunakan las otomatis dalam proses pembuatannya. Hal ini menjadikan jarak antar kawat memiliki kuran yang sama. Penampang lintangnya juga konsisten. karena ukurannya sama, maka kawat pada besi ini berada pada posisinya maisng- masing. Artinya, tidak ada kekurangan dalam susunannya. Untuk itu, hal ini harus anda perhatikan baik- baik. Jika tidak mengerti mengenai hal ini sebaiknya saat membeli mengajak orang yang mengerti dan ahli dalam hal memilih besi wiremesh.

Bukan tidak mungkin, ada produsen yang menggunakan las manual sehingga susunan kawatnya tidak rapi, jaraknya tidak teratur dan susunan kawatnya kurang. Hal ini dapat dilihat dari tampilan kawat yang tidak rapi, maka sebaiknya jangan dipilih karena dikhawatirkan akan berdampak negatif pada kuatnya konstruksi bangunan.

Cara Pemasangan Wiremesh

Keberadaan besi wiremesh ini masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia kebanyakan masih memilih behel yang dirakit sendiri. Namun, ada juga sebagian masyarakat yang lebih memilih wiremesh karena beberapa pertimbangan misalnya akan mempercepat proses pembangunan, lebih mudah dan lancar serta tenaga yang dibutuhkan tidak banyak. Dalam hal kekuatan, sudah tentu besi wiremesh lebih kuat karena sudah dalam ukuran yang ditentukan. Bagi anda yang memilih besi wiremesh tak ada salahnya juga mengenali langkah pemasangannya. Berikut penjelasan mengenai langkah- langkah pemasangan besi wiremesh.

  1. Mengukur wiremesh sesuai dengan luas bidang

Pemasangan wiremesh tidak jauh beda dengan besi beton biasa yang biasa anda lihat pada pemasangan tulang plate. Namun, pada besi wiremesh ini terbilang lebih praktis dan ekonomis. Saat melakukan pemasangan, hal yang pertama anda lakukan adalah melakukan pengkuran terlebih dahulu. Ukurlah wiremesh sesuai dengan bidang yang telah diperhitungkan dengan luas bidang. Kemudian, potonglah sesuai ukuran tersebut. Jika ukuran luasnya masih kurang, anda bisa menambahkan wiremesh kurang lebih 15 cm.

  1. Memperhatikan diamameter wiremesh

Setelah melakukan pengukuran yang dilanjutkan dengan pemotongan. Langkah selanjutnya yaitu memperhatikan diameter wiremesh. Jadi, usahakan diameternya sama, jangan sampai berselisih sekalipun hanya 1 mm saja. Ukuran diameter tersebut juga menentukan kekuatannya.

Harga wiremesh

Harga besi wiremesh tergantung dari ukurannya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semakin besar ukurannya, maka semakin tinggi pula harganya. Untuk spesifikasi wiremesh M4 per lembarnya biasanya dipatok dengan harga 150 an ribu, untuk ukuran M5 diperkirakan 220.000 per lembarnya. Untuk ukuran M6 diperkirakan 300 an ribu per lembar. Sementara harga wiremesh M8 kira- kira seharga 555.000 untuk per lembarnya. Untuk ukuran M9, harganya tentu lebih tinggi dari M8 yaitu 720.000 per lembar. Ukuran wiremesh M10 juga lebih tinggi lagi yaitu diperkirakan seharga 888.000 dan untuk M12 seharga 1 juta 300 an per lembar.

Untuk harga wiremesh jenis roll yaitu untuk ukuran M4 kira- kira seharga 1. 500.000 per rolnya. Untuk ukuran M5 per rolnya diperkirakan seharga 2.220.000, untuk ukuran M6 per rolnya yaitu 3.120.000 sementara ukuran M7 per rolnya sekitar 4.240.000. Harga- harga tersebut baik wiremesh yang jenis lembar maupun roll bisa berubah kapan saja. Tidak hanya itu, harga juga tergantung masing- masing daerah. Jadi, bisa saja harga di daerah tertentu lebih murah atau lebih mahal dibandingkan dengan harga wiremesh di daerah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *