Harga Toren Air Dan Cara Perawatannya Yang Benar

Posted on
Harga Toren Air Dan Cara Perawatannya Yang Benar
Rate this post

Harga Toren Air – Tangki air, toren air atau tendon air adalah tempat penyimpanan air dalam bentuk besar yang biasanya diletakkan di tempat yang tinggi pada menara atau pada bagian atas rumah sehingga dengan demikian tempat penyimpanan air itu akan bisa mengalirkan air ke rumah di bagian bawahnya untuk berbagai keperluan. Pada saat pengisian biasanya akan dipompa menggunakan pompa air kemudian diisikan pada tangki air tersebut sampai penuh, kemudian dalam keseharian Anda akan menggunakan air yang disimpan dalam tangki air tersebut untuk berbagai keperluan. Adanya tangki air ini bisa menjadi tempat persediaan air pada saat listrik padam sehingga Anda tidak bisa langsung mengisi air dengan pompa yang tentunya membutuhkan listrik untuk mengoperasikannya. Sehingga dengan demikian akan dibutuhkan sebuah tangki air untuk penyimpanan.

Sudah sangat wajar untuk menggunakan tempat penyimpanan air ini untuk keseharian baik itu di perumahan maupun di tempat umum lainnya. Biasanya tempat penyimpanan air ini memiliki ukuran yang berbeda dan untuk perumahan biasanya digunakan tempat penyimpanan air dengan ukuran yang paling kecil. Umumnya masyarakat lebih suka menggunakan tangki air penguin daripada merk lainnya, hal ini karena memang sepertinya tangki air penguin ini yang lebih dulu dikenal dan lebih baik kualitasnya. Untuk harga toren air ini tentunya berbeda-beda sesuai dengan ukurannya, tentunya semakin besar ukuran toren air itu maka akan semakin mahal harga toren air tersebut. Untuk Anda yang penasaran berapakah harga toren air yang biasanya tersedia berikut di bawah ini beberapa informasi tentang harga toren air atau harga tangki air :

harga toren air

Harga Tandon Air / Harga Toren Air

Biasanya ukuran yang paling kecil dari tangki air penguin ini adalah tangki air penguin yang ukurannya 300 liter, itu artinya tangki air itu dapat menampung air hingga 300 liter air, untuk ukuran tangki air yang paling kecil ini memiliki harga toren air sebesar Rp 500.000. Untuk toren air ini maka lebih cocok untuk digunakan pada perumahan dimana air sebanyak 300 liter itu bisa digunakan dengan lebih baik dan cukup untuk keseharian. Kemudian ada juga tangki air yang memiliki ukuran 520 liter dengan harga tandon air sebesar Rp 750.000. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya maka semakin besar ukurannya akan semakin mahal harga toren air itu.

Untuk tangki air penguin yang lebih besar lagi terdapat tangki air dengan ukuran 650 liter air yang memiliki harga toren air sebesar Rp 850.000 dan selanjutnya ada juga tangki air jumbo dengan ukuran volume di dalamnya sebesar 1050 liter dengan harga toren air sebesar Rp 1.200.000. Dengan tangki sebesar itu maka Anda bisa menampung air untuk keperluan beberapa hari ke depan. Tentunya dengan tangki air sebesar itu maka Anda tidak perlu repot-repot untuk berulang kali mengisi tangki air karena hanya dengan sekali isi saja bisa memenuhi keperluan air Anda untuk beberapa hari ke depan.

Cara Perawatan Toren Air

Sebagai tempat penyimpanan air maka sebaiknya toren air harus dirawat dengan sebaik mungkin dan dibersihkan secara berkala sehingga di dalam toren air itu tidak akan menumpuk berbagai macam kotoran maupun lumut yang nantinya bisa mengganggu kebersihan dari air yang disimpan di dalam toren air tersebut. Apalagi Anda akan menggunakan air yang disimpan dalam toren air itu untuk kebutuhan pribadi seperti untuk mandi dan bahkan untuk memasak sehingga dengan demikian sudah tentu bahwa tangki air penguin yang Anda miliki itu harus selalu bersih. Tangki air yang kecil ukurannya tidak hanya menguntungkan karena harga toren air itu bisa lebih murah saja namun dengan tangki air yang kecil ukurannya pun Anda bisa lebih mudah membersihkannya. Berikut ini beberapa cara perawatan dan pembersihan toren air tersebut :

Tentukan Hari Untuk Membersihkan Toren Air

Sebelum Anda memutuskan untuk membersihkan toren air tersebut maka sebaiknya Anda menentukan hari dimana Anda akan melakukan pembersihan terhadap toren air tersebut sehingga pada hari itu Anda tidak akan memenuhi toren air itu dengan air dan sebaiknya Anda matikan sementara pompa airnya sehingga tidak akan ada yang akan mengisinya pada hari itu. Pada saat Anda hendak membersihkan tangki air penguin itu maka sebaiknya Anda menyisakan air sedikit saja di dalamnya hal ini untuk membantu Anda dalam membersihkan berbagai kotoran dari dalam toren air itu. Nantinya setelah proses membersihkan air itu sudah selesai maka Anda bisa membuang atau menguras air dari dalam toren air sampai kosong, barulah Anda mengisinya lagi dengan air yang bersih.

Persiapkan Alat Khusus Untuk Membersihkan Toren Air

Sebaiknya pada saat Anda hendak membeli toren air maka yang harus Anda perhatikan jangan hanya mengenai berapa harga toren air saja, melainkan juga sedari awal mulailah untuk membeli berbagai peralatan khusus untuk digunakan dalam membersihkan toren air di kemudian hari, sehingga dengan demikian pada saat sudah tiba waktunya untuk membersihkan toren air tersebut maka Anda tidak akan kesulitan untuk mencari lagi peralatan khusus tersebut. Siapkan alat seperti spons, kain lap, alat pel dan sikat panjang untuk menjangkau bagian dalam toren air yang tidak terjangkau tangan Anda, sehingga dengan demikian saat membersihkan toren airnya maka semua bagian dalam toren air bisa bersih sempurna dan tidak menyisakan kotoran sama sekali.

Sebaiknya dalam memilih sikat yang akan digunakan untuk membersihkan bagian dalam toren air perhatikan agar Anda tidak memilih sikat yang terbuat dari bahan kawat sebab hal itu bisa membuat bagian dalam toren air menjadi rusak dan tergores. Sebaiknya pilihlah sikat yang terbuat dari bahan plastik sehingga tidak akan merusak bagian dalam toren air tersebut. Pada saat Anda membersihkan toren air maka Anda boleh menggunakan air sabun namun sebaiknya Anda harus pastikan bahwa sabun yang digunakan dalam keadaan cair dan terbilas dengan bersih setelah Anda membersihkan toren air tersebut, sehingga dengan demikian pada saat Anda mengisinya kembali dengan air, maka tidak akan ada air yang tercampur dengan sabun.

Tahap Akhir Pembersihan Toren Air

Biasanya pada setiap toren air yang dijual memang sudah disediakan saluran pembuangan yang biasanya berada pada bagian sisi dari toren air tersebut dibagian terbawahnya sehingga dengan demikian setelah Anda melakukan pembersihan bagian dalam toren air tersebut maka setelahnya Anda bisa membuang sisa air pembersihan itu dengan cara membuka bagian bawah saluran pembuangan itu sehingga dengan demikian air sisa pembersihan akan keluar otomatis bersama dengan semua kotoran yang ada dalam toren hingga akhirnya toren air itu bisa bersih dengan sempurna. Maka dari itu tidak hanya penting untuk mencari tahu berapa harga toren air berdasarkan ukurannya saja namun Anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya agar toren air yang Anda beli bisa digunakan dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *