Spesifikasi Dan Harga Spandek Per Meter Merk Zincalum

Posted on
Spesifikasi Dan Harga Spandek Per Meter Merk Zincalum
Rate this post

Salah satu bahan yang digunakan untuk pembangunan rumah yaitu spandek. Spandek sendiri merupakan material bangunan yang digunakan pada atap yang berbahan dasar alumunium dan seng. Tetapi ada beberapa produsen spandek yang memproduksinya dengan menambahkan silikon dengan tujuan untuk meningkatkan tingkat kelenturan spandek tersebut. Biasanya untuk membuat spandek yang  kokoh dan mudah dibentuk, komposisi bahan yang digunakan adalah 1,5% silikon, 43% seng dan 55% alumunium.

Campuran dengan komposisi tersebut dapat menghasilkan spandek dengan kualitas yang bagus dan awet. Selain untuk bangunan rumah, spandek sendiri banyak digunakan untuk bangunan seperti gudang, pabrik, gedung perkantoran, mall, ruko dan lain sebagainya. Harga spandek per meter pun beraneka ragam, tergantung merk dan jenis dan bahan yang digunakan. Salah satu merk yang cukup terkenal adalah spandek dengan merk  Zincalum.

Penggunaan spandek zincalum harus disesuaikan dengan ukuran luas bangunan, karena untuk saat ini spandek zincalum ini memiliki pilihan yang bervariatif mulai dari warna, ukuran dan ketebalannya. Untuk ukuran standartnya, spandek zincalum ini banyak dijual di pasaran dengan ukuran 1m x 1m dengan ketebalan antara 0,3 m sampai 0,5 mm. Warnanya pun juga sudah bervariasi, berbeda dengan dahulu yag hanya tersedia warna polos, namun saat ini sudah tesedia pilihan warna seperti abu-abu, ungu, jingga, cokelat, hijau, biru dan merah.  Harga spandek per meter pun juga bervariatif, tergantung dari ketebalannya. Jika semakin tipis spandek tersebut, maka harga spandek per meter nya juga semakin murah. Begitu pula sebaliknya jika semakin tebal spandek tersebut maka harga spandek per meter nya juga semakin mahal.

Harga Spandek Per Meter

Harga Spandek Per Meter  Merk Zincalum Terbaru 2017

Sebelum kita menggunakan spandek zincalum untuk bangunan kita alangkah baiknya kita melakukan survey harga yang paling murah di sekitar tempat tinggal kita. Untuk harga spandek per meter bervariasi mulai dari Rp 43.000/m2 sesuai dengan ketebalan spandek tersebut. Harga keseluruhan spandek tergantung dari ukuran dan jumlah yang kita pesan. Berikut ini daftar harga spandek per meter dan ketebalannya yang dapat anda jadikan referensi :

Daftar Harga Spandek Per Meter Merk Zincalum

NoNamaTebal Spandek (mm)Harga Spandek/m2
1Spandek Zincalum0.3  Rp. 43.000
2Spandek Zincalum0.35  Rp. 55.000,-
3Spandek Zincalum0.40  Rp. 64.000,-
4Spandek Zincalum0.45  Rp. 73.000,-
5Spandek Zincalum0.50  Rp 79.000,-

Kelebihan Spandek Zincalum

Spandek zincalum meskipun memiliki ketebalan kurang dari 1 cm yaitu sekitar 0,3 mm – 0,5 mm namun spandek ini sangat kuat dan kokoh. Meskipun mempunyai ketebalan yang tipis, spandek jenis ini dapat bertahan di cuaca yang ekstrim. Selain itu spandek ini juga memiliki keunggulan yaitu anti korosi, anti patah, anti pecah dan retak, anti rayap, tidak tembus matahari serta mempunyai berat yang ringan sehingga akan mudah dalam proses pemasangan.

Penggunaan spandek zincalum pada atap bangunan membuat desain bangunan menjadi lebih indah dan futuristik. Bangunan pun akan terlihat lebih sejuk dengan warna yang tidak mudah memudar dan tahan lama, sehingga dengan tampilan desain yang bagus ini akan membuat kita menjadi lebih hemat dalam pengeluaran.

Untuk segi kualitasnya, spandek jenis zincalum ini sudah tidak diragukan lagi. Spandek ini mampu bertahan hingga 20 tahun, hal ini dikarenakan spandek ini terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi. Dari segi ekonomi, harga spandek per meter nya masih tergolong  ekonomis dengan. Hal ini yang menyebabkan spandek jenis ini banyak dipilih oleh masyarakat.

Kekurangan Spandek Zincalum

Dilihat dari harga spandek per meter nya yang masih tergolong ekonomis, spandek jenis ini juga mempunyai kekurangan. Diantaranya spandek zincalum ini terbuat dari bahan dasar logam yang tipis, sehingga akan menimbulkan suara bising yang cukup mengganggu apabila terkena benda asing. Untuk mengatasinya kita dapat memberikan alumunium foil sehingga suara yang bising dapat diredam.

Kekurangan yang kedua pada spandek zincalum ini yaitu mempunyai daya serap yang baik terhadap sinar matahari. Sehingga ruangan yang ditutupi akan terasa lebih hangat. Untuk menguranginya, kita dapat menambahkan glass wool untuk mencegah suhu di dalam ruangan yang terlalu panas. Jadi disamping menyiapkan anggaran untuk harga spandek per meter, kita juga perlu mempertimbangkan anggaran untuk alumunium foil dan glass woll, mengingat anggaran yang dibutuhkan cukup banyak.

Kekurangan yang ketiga yaitu jenis spandek ini memiliki tingkat ketebalan yang tipis, sehingga akan menimbulkan resiko jika terinjak. Akibatnya spandek ini akan melengkung sehingga untuk pemasangannya pun harus hati-hati.

Cara Pemasangan Spandek Zincalum

Cara pemasangan spandek zincalum ini cukup mudah, dimana spandek ini mempunyai banyak lekukan yang membuat tekstur spandek menjadi kokoh dan kaku. Pemasangannya dapat dilakukan dengan jarak gording sekitar 120 mm. Berikut langkah untuk pemasangan spandek zincalum yang perlu anda ketahui :

  • Mengukur jarak tumpuan bangunan
  • Mendesain kuda-kuda mulai dari menghitung kekuatan beban atap, kemiringan atap, dan menghitung panjang top chord. Untuk proses mendesain kuda-kuda ini kita dapat menyertakan ahlinya agar tidak terjadi salah perhitungan dan pemasangan spandek.
  • Melakukan pemasangan kuda-kuda dan reng baja ringan. Pemasangan reng ini tergantung ukuran spandek yang digunakan.
  • Pemasangan spandek : Pada pemasangan spandek ini harus dilakukan dengan rapi dan teliti, supaya pada saat hujan tidak terjadi kebocoran dan air dapat mengalir dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *