Harga Semen – Bahan Bangunan Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on
Harga Semen – Bahan Bangunan Yang Wajib Anda Ketahui
Rate this post

Harga semen menjadi salah satu hal yang paling banyak ditanyakan oleh mereka yang hendak membangun suatu bangunan dan membeli beragam macam bahan yang digunakannya. Bahan bangunan dikenal sebagai material utama yang digunakan untuk tujuan kontruksi. Keberadaan bahan bangunan itu sendiri diantaranya terbuat dari bahan-bahan alami seperti halnya tanah liat, kayu, pasir, batu dan beragam bahan lainnya termasuk ranting serta daun pun juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan bahan bangunan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bahan bangunan pun kini banyak dibuat dengan menggunakan bahan sintetik atau buatan.

Industri pembuatan beragam jenis bahan bangunan umumnya didirikan di banyak negara dengan menggunakan beragam jenis bahan-bahan yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, dan untuk penjualannya itu sendiri dilakukan pada sistem perdagangan khusus, seperti halnya dunia pertukangan, atap, pipa, pekerjaan isolasi dan lainnya. Hal ini berkaitan dengan acuannya yang tentu saja berhubungan dengan struktur rumah sebagai tempat tinggal manusia.

Harga semen

Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja jenis bahan bangunan yang dihasilkan oleh industri bahan bangunan di bagian atas tadi, sebaiknya anda simak penjelasan di bagian bawah ini :

  1. Batu Bata

Batu adalah material utama dalam pembuatan bangunan, karena itulah bahan yang satu ini menduduki urutan pertama sebagai kebutuhan pembangunan rumah yang harus anda perhatikan. Dalam penggunaannya batu bata digunakan untuk membuat dinding. Bahan bangunan yang satu ini dibuat dari tanah liat yang kemudian dibakar hingga mengeras, tidak heran jika hasilnya pun memiliki tampilan warna kemerah-merahan seperti halnya tampilan warna dari tanah liat.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini penggunaan batu bata pun mulai jarang dilakukan, hal ini berkaitan dengan munculnya beragam bahan pengganti batu bata lainnya, yang dikenal dengan nama gipsum, serta bambu yang bahkan dijual dengan harga lebih murah, sehingga masyarakat pun lebih memilih untuk menggunakan gipsum dan bambu untuk lapisan dinding rumahnya.

  1. Semen

Semen adalah bagian selanjutnya yang tidak boleh anda lupakan, jenis bahan yang satu ini dikenal sebagai zat perekat yang berguna untuk menumpuk batu bata, batako atau pun bahan bangunan lainnya sehingga dapat tertata dengan lebih rapi dan membentuk bangunan itu sendiri. Semen menjadi komponen penting yang berguna untuk membuat pondasi, tidak heran jika jenis bahan bangunan yang satu ini banyak diandalkan sebagai bahan bangunan dasar. Beberapa jenis semen yang sering digunakan dalam pembuatan bangunan diantaranya adalah semen merah putih, tiga roda, semen padang, holcim, dan lainnya.

  1. Beton

Bahan metarial bangunan selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah beton. Beton termasuk dalam jenis bahan komposit. Hal ini berkaitan dengan pembuatan beton yang dilakukan dengan menggunakan jenis bahan lainnya yaitu semen.  Bentuk umum dari jenis bahan yang satu ini dikenal sebagai semen portland, yaitu beton yang terbuat dari bahan semen, pasir, kerikil, serta air. Tidak heran jika harga yang dimilikinya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga semen tiga roda pada umumnya.

Jenis bahan yang satu ini umumnya digunakan untuk membuat struktur bangunan, perkerjaan jalan, pondasi, jembatan penyeberangan, pagar atau bahkan gerbang serta struktur parkiran, dan beragam hal lainnya. Bahkan untuk kebutuhan tertentu, material bangunan ini juga banyak digunakan untuk pembuatan bata serta tembok blok.

  1. Pasir

Pasir adalah bahan selanjutnya yang banyak digunakan dalam proses pembuatan bangunan. Pasir ini umumnya dikenal dengan sebutan pasir hitam dan ia lebih sering digunakan sebagai campuran dari material pengikat pada adukan dari semen beton atau bahkan untuk pemasangan material lainnya. Pasir termasuk dalam bahan bangunan yang sangat penting baik itu bagi pembangunan rumah, gedung bertingkat, tangga, jembatan, dan juga beragam struktur bangunan lainnya yang dikenal dengan sifat permanen. Untuk saat ini pasir sendiri dibagi menjadi beberapa bagian jenis berbeda, diantaranya terdiri dari pasir elod, pasir merah, pasir pasang, pasir sungai, pasir beton, dan jenis pasir lainnya.

  1. Tripleks

Tripleks dikenal sebagai bahan bangunan yang memiliki tekstur seperti halnya kayu. Namun jenis bahan yang satu ini jelas berbeda dengan kayu pada umumnya. Karena tripleks itu sendiri pada dasarnya adalah jenis lapisan dari papan pabrikasi yang memang dibuat dari lapisan kayu dan kemudian direkatkan. Tripleks memiliki sifat fleksibel, sehingga ia dapat dibentuk dengan cukup mudah, lebih dari itu, bahan bangunan ini juga memiliki harga murah dan termasuk dalam bagian bahan bangunan yang dapat didaur ulang dengan lebih mudah pula.

Tidak heran jika tripleks pun dalam pembuatannya dilakukan dengan teknik yang cukup mudah. Tripleks sendiri memiliki beberapa bagian jenis yang berbeda, seperti halnya jenis tripleks partikel biard, multiplek yang umumnya terdiri dari soft wood atau bahkan hard wood, blackboard, teablock, MDF (Medium Density Fiberboard atua lebih dikenal dengan sebutan papan serat kayu, serta melaminto.

  1. Besi beton

Selain harga semen gresik, hal lain yang patut untuk anda siapkan adalah harga dari besi beton, jenis bahan yang satu ini umumnya digunakan sebagai penahan gaya tarik kontruksi yang berguna bagi pembuatan beton. Dengan kata lain, besi beton ini bertindak sebagai kerangka atau isi dari beton yang anda buat itu tadi. yang mana tercampur dari adonan semen serta pasir dan juga kerikil yang berfungsi sebagai pondasi bangunan. Besi beton sendiri pada dasarnya terdiri dari tiga jenis berbeda, dimulai dari besi beton dengan permukaan polos yang dikenal dengan sebutan round bar, kemudian besi beton ulir atau deformed bar.

Sedangkan untuk jenis besi beton terakhir adalah besi beton kanal atau lebih dikenal dengan sebutan shape. Meskipun dikenal dengan beragam perbedaan yang dimilikinya, namun keberadaan besi beton itu sendiri umumnya digunakan berdasarkan fungsinya masing-masing dan juga diterapkan pada porsi bangunan yang sesuai dengan jenis bangunan yang hendak anda buat.

  1. Kawat bendrat

Untuk jenis kawat yang satu ini dia dikenal sebagai bahan pengikat dari besi beton pada sebuah beton yang dibuat. Kawat bendrat termasuk dalam jenis kawat yang dibuat dari campuran bahan baja yang kuat. Karena itulah tidak heran apabila bahan yang satu ini dikenal dengan daya tariknya yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengikat beton atau bahkan beragam jenis bahan bangunan lainnya. Kawat sendiri hadir dengan beragam jenis berbeda, diantaranya terdiri dari jenis kawat khas harmonika, kemudian kawat bronjong. Kawat bronjong adalah hasil pabrikasi manual, sedangkan untuk kawat bronjong pabrikasi dari mesin serta kawat bronjong dikenal dengan lais PVC.

  1. Paku

Bahan bangunan lainnya yang seringkali terlupakan adalah paku, paku termasuk dalam bahan perekat yang digunakan untuk merekatkan kayu dengan bahan lainnya seperti halnya beton atau bahkan material bangunan lainnya. Paku umumnya digunakan untuk menggantung benda pada dinding bangunan.

Demikianlah beberapa jenis bahan bangunan lainnya yang juga patut untuk anda perhatikan harga yang dimilikinya selain dari pada harga semen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *