Harga Papan Kayu dan juga Jenis-Jenis Kayu Bangunan

Posted on
Harga Papan Kayu dan juga Jenis-Jenis Kayu Bangunan
Rate this post

Bagi anda yang sedang mencari harga papan kayu, berikut ini adalah informasi mengenai harga kayu dalam bentuk papan dan sedikit penjelasan mengenai kayu-kayu untuk kebutuhan bangunan di Indonesia. Kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat populer di Indonesia. Bahan kayu banyak digunakan dalam pembangunan atau bahkan untuk membuat bagian-bagian dari rumah. Sebagai bahan bangunan, jenis kayu yang digunakan memang bukan berupa kayu yang kuat dan tahan lama seperti kayu jati melainkan lebih di tekankan pada bentuk dan fungsinya sebagai bahan bangunan.

Kayu yang digunakan untuk bahan bangunan ada banyak jenisnya. Berikut ini adalah beberapa jenis dari kayu yang digunakan untuk bahan bangunan.

harga papan kayu

  • Kayu papan
  • Kayu reng
  • Kayu kaso
  • Kayu galar
  • Kayu balok

Masing-masing jenis kayu bangunan yang disebutkan diatas memiliki karakteristik bentuk sendiri-sendiri sehingga memiliki fungsinya sendiri-sendiri.

Harga Papan Kayu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu jenis kayu yang digunakan untuk bangunan adalah jenis papan kayu. Papan kayu adalah kayu yang di bentuk menjadi papan. Jenis kayu bangunan ini dibentuk dengan cara digergaji dengan ukuran ketebalan mulai dari 2 cm hingga 4 cm. Kayu dengan ketebalan 2 hingga 4 cm ini biasanya memiliki ukuran lebar sekitar 10 cm hingga 30 cm. Kayu papan ini fungsinya sangat banyak sehingga merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak dicari. Lalu hal apa saja yang bisa dibuat dengan menggunakan papan kayu ini? papan kayu dalam dunia bangunan biasanya digunakan dalam pembuatan lisplang, untuk membantu pengecoran bangunan atau digunakan untuk membuat furnitur.

Bagi anda yang membutuhkan kayu dalam bentuk papan ini pasti anda juga membutuhkan informasi mengenai harga papan kayu per lembar bukan? Untuk harganya, harga papan kayu yang akan anda gunakan untuk membantu pambangunan rumah bisa disesuaikan dengan besar kayu yang anda butuhkan. Selain dilihat dari ukurannya, harga papan kayu juga dipengaruhi dari jenis kayu yang digunakan untuk membuat papan tersebut. Lalu apa saja jenis kayu yang digunakan untuk membuat papan kayu ini? Berikut ulasannya.

  • Jenis kayu kamper

Kayu kamper merupakan salah satu jenis kayu yang digunakan untuk membuat papan kayu. Jenis kayu kamper ini memiliki warna coklat muda atau coklat kemerahan. Banyak yang mengatakan bahwa jenis kayu ini memiliki penampilan yang mirip dengan kayu meranti. Selain penampilannya, daya tahan yang dimiliki oleh jenis kayu ini cukup besar. Bagi anda yang mencari papan kayu dengan jenis kayu kamper anda bisa mencari jenis ini di Samarinda. Sesungguhnya jenis kayu kamper ini bisa ditemukan di seluruh Indonesia, akan tetapi jenis kayu kamper yang berasal dari Samarinda lebih dikenal dengan kehalusannya sehingga lebih baik ketika digunakan. Untuk harga papan kayu jenis kayu kamper ini anda bisa menemukannya dengan harga sekitar Rp 250 ribu hingga Rp 300 ribu untuk kayu dengan ukuran 3 cm untuk tebalnya, 20 cm untuk lebarnya.

  • Jenis kayu meranti

Selain jenis kayu kamper, salah satu jenis kayu yang digunakan untuk membuat papan kayu adalah kayu meranti. Seperti di sebukan sebelumnya, kayu meranti disebut juga sebagai kayu kembaran dari kamper. Kayu ini memiliki warna coklat kemerahan tanpa adanya urat. Kayu ini merupakan kayu yang cukup mahal karena mampu tumbuh dengan ukuran yang sangat panjang dan diameter yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kayu ini cukup banyak dicari untuk digunakan dalam pembuatan furnitur. Untuk anda yang ingin menggunakan kayu jenis Meranti ini anda bisa menemukannya diseluruh Indonesia. Akan tetapi meski anda bisa menemukannya di manapun jenis kayu meranti yang paling baik bisa anda temukan di Kalimantan.

  • Jenis kayu borneo

Satu lagi jenis kayu yang biasa digunakan untuk membuat papan kayu, jenis kayu ini adalah kayu borneo. Kayu borneo merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki struktur yang sangat kuat. Jenis kayu ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan bangunan khususnya untuk mencetak beton. Kayu ini memiliki serat yang halus, hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimilikinya. Selain memiliki serat yang halus jenis kayu ini juga awet dan juga tidak mudah berubah. Hal inilah yang menyebabkan jenis kayu ini menjadi cukup populer. Sayangnya karena kelebihan yang dimilikinya, harga papan kayu dari bahan kayu borneo ini cukup mahal, untuk setiap kubiknya anda perlu membayar sekitar kurang lebih 8 juta rupiah jika ingin menggunakannya.

Harga Kayu kaso

Selain menggunakan papan kayu, kayu kaso juga bisa digunakan untuk keperluan bangunan yang lainnya. Kayu kaso merupakan kayu yang yang bentuknya hampir seperti balok. Kayu kaso juga sama seperti kayu papan yang merupakan salah satu jenis kayu yang dibentuk. Jenis kayu kaso ini biasanya digergaji dan dibentuk dengan ukuran ketebalan 4 hingga 5 cm dan memiliki lebar mulai dari 6 hingga 8 cm. Jenis kayu kaso ini sangat cocok untuk keperluan bangunan seperti pembuatan plafon untuk membuat bekisting atau untuk cetakan cor. Untuk harganya, harga kayu kaso ini ditentukan berdasarkan dengan ukuran dan juga jenis kayu yang digunakannya.

Bahan pembuatan dari kayu kaso ini juga bermacam-macam seperti jenis kayu untuk membuat papan kayu mulai dari jenis kayu meranti, borneo dan juga kayu kamper. Untuk harganya, kayu kamper merupakan jenis kayu yang memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan kayu kaso yang dibuat dari jenis kayu yang lainnya. Dengan ukuran yang sama, harga dari papan kayu yang terbuat dari kayu kamper memiliki perbedaan harga mulai dari 25 hingga 30 ribu rupiah dengan kayu kaso dari bahan yang lainnya.

Harga Kayu Balok

Satu lagi jenis kayu yang sangat banyak digunakan untuk bahan bangunan, kayu tersebut adalah kayu balok. Sesuai dengan namanya, kayu balok adalah kayu yang memiliki bentuk seperti balok. Kayu ini memiliki 4 siku dan biasanya dibuat dengan ketebalan 6 hingga 8 cm dan juga lebar dari 12 cm hingga 15 cm. Kayu ini sering kali digunakan untuk keperluan bangunan berupa pembuatan kusen hingga untuk kuda-kuda atap rumah. Jenis kayu ini juga bisa dibuat dari beragam jenis kayu, mulai dari meranti, borneo dan juga kayu kamper.

Untuk harganya, masih seperti jenis kayu-kayu yang lainnya. Harga balok kayu dari bahan kamper masih yang paling tinggi. Untuk tiap batangnya, yang panjangnya berkisar 4 m, kayu kamper dapat dihargai sekitar 190 ribu rupiah hingga 220 ribu rupiah. Harga ini terpaut cukup jauh dengan harga kayu balok yang dibuat dari bahan lainnya.

Berikut telah kami berikan beberapa informasi mengenai harga papan kayu dan juga kayu-kayu untuk bahan bangunan jenis yang lainnya. Semoga dapat membantu dalam membuat anggaran pembangunan rumah anda dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.