Harga Kaca Tempered yang Ekonomis untuk Melengkapi Konstruksi Bangunan Anda

Posted on
Harga Kaca Tempered yang Ekonomis untuk Melengkapi Konstruksi Bangunan Anda
Rate this post

Harga kaca tempered jika  dibandingkan dengan kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh elemen bangunan yang satu ini terbilang ekonomis. Kaca tempered biasa digunakan sebagai material untuk pintu tanpa frame, kaca mobil, kaca pada entrance dan exit mall, dan masih banyak lagi.  Saat  kita bersinggungan dengan frameless door, kaca mobil, dan juga kaca di mall, pernahkah kita telisik apa nama kaca yang satu ini dan apa bedanya dengan kaca yang biasa digunakan sebagai elemen jendela di rumah? Inilah yang disebut dengan kaca tempered yang memiliki banyak kelebihan dan pastinya lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca biasa. Lebih jauh mengenai apa itu kaca tempered dan harga kaca per meter-nya akan kita kupas lebih jauh lagi pada uraian paragraf di bawah ini.

Pengertian Harga Kaca Tempered

Kaca tempered adalah bagian dari bahan bangunan yang terbuat dari bahan kaca float biasa namun telah diproses sedemikian rupa sehingga memiliki kekuatan yang lebih daripada kaca float pada umumnya. Kaca jenis ini diolah dengan cara dipanaskan dengan titik didih mencapai 700 derajat celcius. Segera setelah proses pemanasan berlangsung, kaca akan didinginkan secara mendadak. Dari situ, akan terjadi perubahan gaya tarik sekaligus gaya tekan dari kaca tersebut yang berpengaruh pada sifat dari kaca tempered ini. Proses pengolahan tersebut tidak memakan waktu yang lama.

Harga Kaca Tempered

Sebaliknya, proses yang perlu cukup waktu adalah proses pemotongan (cutting), pelubangan (drilling) yang terjadi sebelum proses tempered dan proses penggosokan (edging).  Tidak hanya itu, proses antrian kaca tempered di tempat prosesor juga memerlukan waktu yang lama. Untuk satu kali proses kaca menjadi kaca tempered yang siap pakai adalah sekitar 7 harian lamanya. Tidak heran jika kaca tempered memiliki kekuatan dan keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan kaca jenis lain sebab prosesnya yang jeli dan penuh perhitungan.

Sifat Kaca Tempered

Sifat kaca tempered yang menjadi alasan unggulnya kaca ini untuk dijadikan elemen bangunan yang penting adalah;

  • Kaca tempered memiliki kekuatan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kaca lain. komparasinya adalah 1 banding lima untuk kaca biasa versus kaca tempered.
  • Kaca tempered adalah jenis kaca yang tahan terhadap perubahan suhu yang signifikan. Sama dengan kekuatannya, kaca  tempered jika  dibandingkan dengan jenis kaca biasa memiliki ketahanan terhadap suhu lima kali lipatnya.
  • Kaca tempered masuk dalam kategori safety glass. Ini karena meski kaca tempered pecah, maka pecahannya tidak bersifat melukai sebab tidak berbentuk tajam dan runcing seperti pecahan kaca pada umumnya.
  • Kaca tempered yang sudah jadi tidak bisa diproses ulang. Jika kita tetap melakukan pemrosesan ulang maka akan berpengaruh pada tekanan dan juga keseimbangan gaya tarik dari kaca itu. Kaca ini tidak bisa dilubangi kembali dan juga tidak dapat dipotong sebab ini akan berdampak pada gaya tarik sekaligus tekanan dari kaca tempered. Kaca tempered di lubangi dan sekaligus di potong pada saat kaca belum mengalami proses pemanasan dan juga pendinginan (tempered).
  • Kaca ini secara aplikatif digunakan untuk pintu kaca tanpa bingkai, dinding dari shower screen dan juga pintu, dan sekaligus furniture semisal meja, railing, tangga kaca, dan juga kaca mobil. Jenis kaca tempered yang dipakai untuk partisi dinding adalah kaca tempered dengan ketebalan 8 mm, sedangkan untuk frameless door ketebalan kacanya adalah 10 mm atau bahkan 12 mm. Masih ada varian ketebalan lain dari kaca tempered ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kaca Tempered

Kaca tempered adalah kaca yang biasa dipakai untuk pintu, jendela, dan juga partisi. Kaca ini dibuat dari bahan kaca float dengan kualitas yang bagus dan telah melalui pemanasa thermal yaitu pemanasan yang dilakukan dengan titik didik yang tinggi lalu didinginkan dengan cepat. Proses pemanasan dengan titik didih yang tinggi dilanjutkan dengan proses pendinginan yang mendadak membuat kaca tempered ini memiliki kekuatan dan juga kelenturan yang bagus di kedua sisinya.

Kaca tempered juga terkenal dengan sebutan Bastie glass sebab metode pemanasan dan pendinginan yang dilakukan atas kaca ini pertama kali diperkenalkan oleh Francois Barthelemy Alfred Royer de la Bastie pada kisaran tahun 1830 hingga 1901. Metode ini dikembangkan lagi oleh Freidreich Sieman pada tahun 1877 dengan hasil kualitas kaca yang lebih kuat jika dibandingkan dengan sebelumnya. Pada akhirnya, metode pembuatan kaca tempered dipatenkan pada tahun 1900 oleh Rudolph A. Seide di Austria.

Kelebihan kaca tempered
  • Memiliki kekuatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan kaca biasa. Perbandingannya bisa mencapai 5 kali lipat. Kaca ini dipakai untuk ralling balkon atau tangga, pintu kaca, canopy kaca, partisi, dan juga pintu shower kamar mandi.
  • Kaca ini masuk dalam kategori kaca dengan tingkat keamanan yang baik. Saat pecah kaca tidak akan membentuk serpihan yang tajam sehingga jauh lebih aman dan tidak membahayakan apalagi sampai mengakibatkan cidera yang serius.
  • Jenis kaca ini tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrem. Entah itu pada saat cuaca panas yang menggila ataupun pada saat dingin yang menggigil. Pada saat cuaca sangat panas, permukaan kaca tempered relative dingin sehingga pemuaian pun tidak akan terjadi. Inilah alasan kenapa harga kaca tempered lebih baik dibandingkan dengan kaca biasa.
Kekurangan Kaca Tempered

Kekurangan yang dimiliki oleh kaca yang telah mengalami proses tempering ini adalah sebagai berikut:

  • Kaca tempered tidak bisa dipotong dengan mudah. Beda halnya dengan kaca biasa yang jika terjadi salah ukuran bisa dilakukan pemotongan ulang. Jika dipaksa untuk melakukan pemotongan pada jenis kaca tempered, maka besar kemungkinan kaca tempered ini akan pecah. Itulah kenapa kaca tempered dilakukan cutting sebelum proses tempered.
  • Proses pengeboran atau drilling tidak bisa dilakukan pada saat setelah proses tempering. Pengeboran dilakukan sebelum proses tempering seperti halnya proses cutting atau pemotongan yang dilakukan.
  • Keretakan kecil pada kaca ini akan merambat pada bagian kaca yang lain sehingga akan berdampak pada pecahnya kaca secara keseluruhan.
Harga Kaca Tempered

Harga kaca tempered per meter bervariasi tergantung pada ketebalan dari kaca tempered yang diinginkan. Kaca tempered dengan ketebalan 5 mm dibandrol dengan harga 187.000 per meternya. Harga kaca 5 mm ini adalah harga kaca yang paling murah dibandingkan dengan kaca tempered lain dengan ketebalan diatasnya. Kaca 6 mm seharga 258.000 per meternya, 8 mm dengan ketebalan 386.000 per meternya, 10 mm dengan harga 465.000 per meternya, 12 mm dengan harga 522.000 per meternya, 15 mm dengan harga 3.740.000 per meternya, dan 19 mm dengan harga 4.301.000 per meternya. Harga kaca tempered berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi yang berpengaruh pada harga bahan bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.