Harga Granit Termurah Serta Keunggulannya Dibanding Keramik dan Marmer

Posted on
Harga Granit Termurah Serta Keunggulannya Dibanding Keramik dan Marmer
Rate this post

Harga granit di pasaran sangat bervariasi mulai dari granit biasa yang lebih murah, hingga granit berkualitas tinggi yang harganya bisa dua kali lipat granit biasa. Granit biasanya dijadikan bahan pelapis lantai rumah seperti keramik dan marmer. Tapi, ketiganya memiliki perbedaan terutama bila dilihat dari keunggulannya masing-masing. Dengan mengetahui perbandingan ketiganya, Anda bisa menentukan bahan ubin mana yang sesuai untuk diaplikasikan di lantai rumah.

Perbedaan Granit Vs Keramik

Di bawah ini merupakan perbedaan granit dan keramik bila dilihat dari segi kelebihannya:

harga granit

Granit Lebih Kuat

Granit lebih unggul dari segi kekuatan dibanding keramik. Sebab, ubin granit lebih padat dan menyatu akibat proses produksinya yang melalui proses pembakaran dengan suhu tinggi (1230 derajat Celcius) serta dipress dengan kekuatan 7200 PH. Sementara keramik dibakar pada suhu 1000 derajat Celcius sehingga meskipun keras dan kaku, tetap bersifat rapuh. Kekuatan granit terukur di kisaran 450 kg/cm2, sedangkan keramik hanya 300 kg/cm2.

Untuk membandingkan kekuatan keduanya, Anda bisa memotong masing-masing bahan ubin tersebut dengan grinda atau bertanya langsung pada tukang bangunan yang lebih ahli.

Tahan Terhadap Goresan

Permukaan granit memang tidak dilapisi bahan glasur (pasir kuarsa) agar mengkilap seperti keramik. Namun, memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap gesekan. Tapi, benda-benda keras seperti pecahan keramik/granit, kaca atau paku bisa menyebabkan goresan pada permukaan granit yang mengkilap karena mengalami proses pemolesan.

Variasi Pola

Permukaan keramik memiliki banyak variasi pola dan warna, tidak seperti granit. Jadi, apabila Anda menyukai pola ornamen dan warna yang bervariasi, keramik adalah bahan ubin yang cocok untuk dipilih.

Segi Presisi

Umumnya, semua ubin yang berbahan dasar granit merupakan cutting size. Tingkat presisi granit sangat siku, sehingga hanya memerlukan kurang lebih 1 mm nat dalam pemasangannya. Sedangkan keramik memiliki dua jenis presisi, yakni cutting dan uncutting size. Jenis yang pertama mempunyai presisi seperti granit, sementara jenis kedua memerlukan nat selebar 2-3 cm yang dinilai kurang baik tingkat presisinya.

Ketahanan Noda

Keramik merupakan bahan ubin yang tidak mempunyai pori-pori, sehingga sangat tahan terhadap segala jenis noda. Sementara granit mempunyai dua jenis, yakni granite tile generasi 1 (printing biasa) dan granite tile generasi 2-3. Granit jenis pertama memiliki pori-pori yang cukup besar dan mampu menyerap cairan, sehingga dapat menimbulkan flek atau noda. Sedangkan granit jenis kedua tidak dapat menyerap noda akibat pori-porinya tertutup pada proses kristalisasi.

Ketahanan granit generasi 2-3 terhadap berbagai jenis noda kurang lebih sama seperti keramik biasa. Namun, harga granit tersebut lebih mahal dari generasi sebelumnya.

Perawatan

Karena keramik tidak tahan terhadap goresan, lama-lama permukaannya akan terlihat kotor, kusam dan tidak dapat diperbaiki lagi. Sehingga, jalan satu-satunya adalah mengganti keramik tersebut dengan yang baru (bongkar-pasang). Bila hal itu terjadi pada granit, Anda tidak perlu khawatir karena goresan-goresan kecil di permukaannya bisa dihilangkan dengan bubuk poles yang bisa membuatnya tampak mengkilap seperti baru.

Namun, untuk granit yang tidak tahan noda akan sulit dibersihkan (kecuali noda masih baru, sekitar 1-3 hari). Sifat keramik yang tahan terhadap noda dan granit yang tahan goresan bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan lokasi pemasangan kedua bahan tersebut. Misalnya, untuk dapur yang sering terkena cipratan minyak, kecap atau noda lainnya lebih baik menggunakan ubin keramik. Sebenarnya Anda bisa menggunakan granit yang kualitasnya lebih baik, tapi harga lantai granit tersebut lebih mahal dibanding harga granit biasa.

Harga

Harga keramik granit memiliki perbedaan yang cukup jauh. Dibanding keramik, ubin granit lebih mahal tapi sebanding dengan kualitasnya.

Perbedaan Harga Granit dan Marmer

Granit dan marmer dikenal sebagai bahan pelapis lantai yang berkualitas sehingga tidak heran bila harganya cukup mahal. Selain berkualitas, kedua bahan tersebut memberi kesan mewah apabila dijadikan ubin lantai. Karena permukaannya nyaris sama, banyak orang yang masih kesulitan membedakan granit dan marmer. Padahal sebenarnya terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya, yaitu:

Ubin Granit

Granit merupakan batuan beku yang dibentuk melalui proses pendinginan magma cair selama beberapa waktu. Batu ini memiliki struktur yang kuat, kokoh, anti gores dan tahan lama. Corak yang timbul pada permukaan granit disebabkan oleh perbedaan unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.

Ubin Marmer

Marmer ialah batu yang tergolong dalam batu-batuan metamorf. Batu ini terbentuk dari pengkristalan batu kapur. Batu marmer cenderung mampu menyerap air, jadi permukaannya akan terlihat kusam dan memudar ketika basah. Dibanding granit, marmer lebih mudah tergores dan rentan patah. Corak yang terbentuk pada permukaan marmer dihasilkan oleh kotoran-kotoran yang menempel ketika proses kristalisasi.

Ketika ingin memasangnya sebagai pelapis lantai, selain mempertimbangkan harga marmer Anda harus memperhatikan kandungan unsur materialnya. Sebab, terkadang antar satu potongan dengan potongan lainnya tidak sama. Kemudian pilih marmer yang bertekstur natural karena lebih eksklusif daripada buatan tangan. Selain itu, amati pula guratan keretakan yang timbul akibat proses eksplorasi bahan. Karena umumnya proses tersebut meninggalkan banyak bekas, terutama untuk marmer yang berkualitas rendah.

Tips Memilih Granit Untuk Pelapis Lantai

Dalam memilih granit, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Pola. Pastikan mendapat granit dengan pola dan warna yang sama supaya terlihat menarik ketika dipasang di rumah Anda. Harga granitumumnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan per-slab, tergantung jenis dan asalnya. Jika Anda memiliki ruangan yang agak rumit dengan luas 100 m2, sebaiknya dipasangi granit dengan pola seragam agar lebih murah dan mudah pemasangannya.
  2. Pertimbangan pemasangan. Karena kandungan unsurnya berbeda, kadang sulit menemukan granit yang pola dan warnanya seragam. Jadi, pikirkan dengan baik ingin memasang granit sebagai pelapis lantai atau material lainnya.
  3. Memilih tukang granit yang tepat. Tukang granit bertugas mengukur, memotong, memasang dan memoles granit sehingga harus dipilih dengan cermat. Sebab, bila Anda salah memilih tukang/ahli bisa berakibat fatal pada bentuk granit yang akan dipasang. Selain itu, kerugian yang harus Anda bayar akan lebih besar.
  4. Granit harus diseal/dicoating terlebih dulu. Sebelum meletakkan makanan atau barang-barang lainnya di atas ubin granit, sebaiknya Anda memastikan bahan tersebut telah diseal/dicoating dulu. Sebab, granit adalah batuan yang berpori sehingga akan mudah terkena noda. Agar daya tahannya lebih lama, granit perlu diseal setahun sekali.

Jika dilihat dari segi kualitas, ubin granit lebih unggul karena memiliki banyak kelebihan dibanding keramik dan marmer. Saat ini ubin granit hadir dengan berbagai ukuran, mulai dari 60×60 cm hingga 120×120 cm. Sementara ukuran keramik paling besar yang ada di pasaran adalah 50×50 cm. Harga granit 60×60 cukup terjangkau dan sebanding dengan kelebihan-kelebihan yang Anda dapatkan, sehingga patut menjadi pertimbangan bila hendak merenovasi rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.