Harga Bata Merah Terbaru Kelebihan Dan Kekurangannya

Posted on
Harga Bata Merah Terbaru Kelebihan Dan Kekurangannya
Rate this post

Salah satu material utama dalam membuat sebuah bangunan adalah batu bata. Batu bata merupakan material primer yang menjadi dasar berdirinya sebuah bangunan. Batu bata digunakan untuk membuat dinding bangunan. Salah satu jenis batubata yang memiliki kualitas yang tinggi dan sering digunakan untuk dinding bangunan adalah batu bata merah. Harga bata merah sangatlah terjangkau dan daya tahan yang kuat membuat batu bata merah selalu diminati banyak orang sampai sekarang ini, terlebih di Indonesia.

Batu bata merah diolah dari tanah liat dan proses pembuatannyapun tidaklah terlalu rumit. Yang dibutuhkan hanyalah  bahan dasar yang berkualitas, takaran bahan yang tepat serta waktu pembakaran yang pas agar dapat menghasilkan batu bata merah yang berkualitas. Kadang kala anda pasti berfikir bagaimana tanah liat yang lunak dan bewarna kecoklatan bisa berubah wujut menjadi sebuat batu dengan tekstur yang keras dan kuat. Untuk itu kami akan membagikan bagaimana proses pembuatan batu bata merah.

harga bata merah

  1. Persiapan lahan

Tahapan yang paling utama dalam proses pembuatan batu bata merah adalah menyiapkan lahan. Lahan yang dapat digunakan sebagai tempat pembuatan batu bata merah adalah lahan yang memiliki tanah liat yang tidak berpasir, serta tingkat keliatan tanhanya haruslah tinggi. Lahannyapun harus dekat dengan sumber air. Tidak hanya itu saja luas tanah yang diperlukan haruslah cukup untuk menampung segala proses dan peralatan yang akan digunakan. Sebelum melakukan pembuatan terlebih dahulu harus menyiapkan tempat pencetakan batu dan tempat pembakaran batu bata serta tempat penyimpanan batu bata merah yang sudah jadi.

  1. Percetakan

Proses selanjutnya adalah tahap pencetakan, mula-mula tanah liat dialirkan air secukupnya, setelah tanah tersebut cukup liat maka tanah liat tersebut dimasukkan ke dalam mesin pencetak. Biasanya agar hasil cetakan batu bata lebih rapi para produsen memberikan minyak solar pada mesin pencetak, tepatnya pada bagian tempat keluarnya cetakan batu bata merah.

  1. Proses pembakaran

Batu bata yang telah dicetak harus dijemur selama 3 hari dalam keadaan cuaca yang cerah dan setelah benar-benar kering maka cetakan batu-batu tersebut akan mengalami proses pembakaran selama dua hari dua malam secara terus-terusan. Hal ini berfungsi agar batu bata yang dihasilkan berkualitas.

Dalam membeli material untuk sebuah banguan tidaklah dapat sembarangan. Termasuk dalam membeli batu bata. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk membeli, yakni:

  1. Batu bata yang bagus tidak cepat patah dan pecah.
  2. Geseklah potongan besi pada batu bata, jika muncul suara dentingan maka dapat dipastikan batu bata tersebut kokoh.
  3. Pastikan tidak hanya bagian luar batu bata saja yang bewarna merah, namun batu bata yang baik memiliki warna merah yang merata termasuk pada bagian dalamnya.
  4. Sebuah batu bata dianggap bagus apabila berat akhir setelah direndam selama 24 jam di dalam air tidak lebih dari 20% berat awal.
  5. Pastikan batu batanya tidak mengandung kadar garam yang terlalu tinggi karena akan mengganggu proses perekatan batu bata secara sempurna.

Setelah anda megetahui bagai mana ciri-ciri batu bata yang kokoh dan kuat, maka kini saatnya kita membahas bagaimana cara mengetahui seberapa banyak sebuah bangunan membuatuhkan batu bata. Anda masih sering mempertanyakan bagaimana cara kita menghitung kebutuhan batu bata merah untuk bangunan yang akan kita bangun. Nah, untuk memudahkan anda dalam berbelanja batu bata, maka terlebih dahulu anda harus mengetahui ukuran dari sebuah batu bata tersebut.

Perlu pula anda ketahui bahwa ukuran bata merah yang beredar dipasaran saat ini telah mengalami kemerosotan dari ukurannya di masa lampau, yakni dari ukuran 20x10x5 cm kini menjadi 18×7,5×4,2 cm. Pengecilan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan biaya produksi dan harga jual. Meskipun demikian hampir dari semua konsumennya tidak tau akan hal itu. Dalam menghitung jumlah batu bata per meter persegi ada beberapa langkah yang harus anda tempuh. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung kebutuhan mata merah setiap meter per segi:

  1. Ukuran bata merah panjang 23 cm x lebar 11 cm x tingggi 5 cm.
  2. Tambahkan ketebalan dari spesi mortal yakni pasnagan dari pasir dna semen terhadap sisi atas panjang batu bata dan sisi samping dari batu bata tersebut.\
  3. Anda harus mengetahui bahwa nilai efisiensi 1 buah bata merah yang telah berlapir spesi mortal akan memiliki panjang 23 +2 yakni 25 cm dan tingginya menjadi 7 cm.
  4. Sehingga kebutuhan batu bata untu 1 meter per segi adalah 10000 : 175 yakni 57,14 atau sekitaran 58 buah batu bata merah.

Langkah selanjutnya setelah anda mengetahui cara menghitung kebutuhan batu bata merah per meter persegi maka sekarang anda hanya perlu mengkalikan total luas bidang yang akan anda pasang batu bata maka anda juga akan mengetahui seberapa banyak batu bata yang anda butuhkan untuk membangun sebuah istana tercinta sebagai tempat tinggal bersama keluarga anda.

Layaknya bahan material lainnya, penggunaan batu batapun memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk kelebihan dari penggunaan batu bata merah pada dinding bangunan daripada menggunakan material lainnya yaitu:

  1. Material batu bata merah memiliki tingkat daya serap panas yang tinggi, sehingga bangunan yang dibuat menggunakan batu bata merah akan terasa lebih sejuk.
  2. Di kawasan indonesia harga batu bata merah lebih murah jika dibandingkan dengan batako dan material pembuat dinding lainnya.
  3. Batu bata merah tahan terhadap api sehingga bangunannya tidak mudah terbakar.
  4. Bangunan yang dibuat dengan menggunakan batu bata merah akan terlihat lebih eksotis.

Sedangkan untuk kekurangan dari batu bata merah sendiri yaitu:

  1. Batu bata merah dengan ukuran yang kurang standar akan sedikit sulit untuk diaplikasikan
  2. Dinding bangunan yang dibangun dengan menggunakan batu bata merah haruslah dilakukan oleh akhlinya, jikalau tidak maka hasilnya kurang rapi dan hal ini akan membuat biaya plester meninggi.
  3. Dinding bangunan yang dibangun menggunakan batu bata merah membutuhkan waktu pengerjaan yang sedikit lebih lama dari pada dinding bangunan dengan material lainnya.
  4. Batu bata merah masih diproduksi secara tradisional sehingga untuk memperolehnya dalam jumlah yang besar pada satu produsen akan sedikit sulit, dan pastinya lain produsen lain pula kualitas batu bata yang ditawarkan.

Harga batu bata untuk setiap kawasan selalu berbeda-beda. Tergantung tempat produkdi dan tergantung pula jenis bata yang akan anda beli. Namun untuk kisaran harga bata merah sendiri biasanya dipatok harga sekitaran Rp 900 per buahnya. Itulah sedikit informasi mengenai batu bata merah semoga dapat menjadi acuan dan informasi berguna bagi anda yang ingin membangun sebuah bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.