Harga Batako Habel Terbaru

Posted on
Harga Batako Habel Terbaru
Rate this post

Harga batako merupakan topik yang akan kita basah dalam artiel kali ini. Sebagai manusia kita memang memiliki kebutuhan yang sangat banyak, namun kebutuhan itu juga harus kita kelompokkan agar kita dapat mengetahui skala prioritas hal apa saja yang paling penting dan hal yang tidak dapat kita tunda dalam pemenuhannya. Menurut skala prioritasnya kebutuhan manusia dibedakan menjadi kebutuhan primer (pokok), kebutuhan sekunder (pelengkap) dan kebutuhan tersier (lux/kemewahan).

Diantara ketiganya kebutuhan primer menjadi kebutuhan yang memiliki skala prioritas paling tinggiri dan umumnya harus terpenuhi karena akan menimbulkan dampak negatif bila tidak terpenuhi. Kebutuhan primer terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (rumah). Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer manusia, sehingga hal ini memang menjadi perioritas banyak orang.

harga batako

Butuh Rencana yang Matang dalam Membangun Sebuah Rumah

Meskipun menjadi salah satu kebutuhan primer, tidak sedikit orang yang belum dapat memiliki rumah sendiri, hal ini dikarenakan banyaknya hal yang harus disediakan ketika ingin membangun sebuah. Dana yang sangat besar menjadi alasan utama dari hal ini. tidak hanya lahan tempat untuk membangun, bahan bangunan untuk membuat sebuah rumah juga tidaklah murah. Banyak material yang harus disediakan dalam pembangunan sebuah rumah. Untuk anda yang telah merencanakan untuk membangun rumah sendiri, anda tentunya perlu melakukan perencanaan yang sangat matang dan juga perlu mempelajari mengenai material pembangunan yang akan anda butuhkan dalam pemangunan rumah anda sehingga anda dapat menentukan badged yang anda butuhkan. Dalam membuat sebuah rumah, bahan dasar yang perlu anda persiapkan antara lain:

  1. batu kali (sebagai bahan untuk fondasi rumah) bila sulit untuk mendapatkan atau harganya lebih mahal, anda bisa menggantinya dengan menggunakan batu bata, batu gunung atau batu putih.
  2. Semen sebagai perekat bangunan yang anda buat, mulai dari fondasi sampai beton, dinsing, plester dinding dan juga sebagai perekat tekel. Jumlah semen akan menentukan seberapa kokoh bangunan yang anda  buat
  3. Pasir sebagai campuran dari semen dalam merekatkan bangunan rumah. Dalam membeli pasir anda perlu memperhatikan apakah pasir mengandung lumpur yang banyak atau tidak, karena kandungan lumpur pada pasir akan menurunkan daya campur dan daya rektat antara pasir dengan semen.
  4. Gamping banyak dingunakan untuk menghemat penggunaan semen dalam membangun sebuah rumah.
  5. Baja sebagai bahan penguat fondasi rumah. Baja sering digunakan untuk menopang beban atap dari rumah.
  6. Krikil menjadi campuran dalam membangun fondasi rumah yang terdiri dari semen, pasir dan batu kali atau batu gunung (batu putih)
  7. Batu bata untuk membangun susunan dinding rumah yang akan direkatkan dengan campuran semen dan pasir, namun bahan yang satu ini sekarang sudah sering digantikan dengan batako.
  8. Batako merupakan bahan bangunan untuk membentuk dinding rumah yang dapat menggantikan fungsi batu bata. Batako dibuat dari campuran semen dan pasir.
  9. Kayu banyak digunakan untuk kerangka rumah, terutama  untuk kerangka atap dari rumah. Pada sebagian rumah, kayu juga banyak digunakan sebagai dinding rumah.
  10. Genteng sebagai bagian atap dari rumah, sehingga rumah dapat terlindungi dari hujan dan panas.
  11. Kusen sebagai tempat utuk pemasangan pintu dan jendela rumah, sehingga ada aliran udara yang mengalir didalam rumah. Selain kusen, pintu dan jendela juga merupakan bagian yang sangat penting
  12. Keramik/tekel merupakan bagian yang digunakan untuk membuat lantai rumah. Lantai hadulunya memang berupa tanah atau semen, namun seiring dengan perkembangan, digunakan tekel sebagai lantai rumah, sehingga rumah dapat terlihat lebih indah dan bagus. Selain itu penggunaan tekel juga mempermudah kita dalam membersihkan lantai.
  13. Cat merupakan bagian terakhir yang akan dibutuhkan dari sebuah rumah. Kita tentunya sama-sama setuju bahwa pengguanaan cat ditujukan untuk memperindah rumah yang kita miliki.
  14. Kunci juga merupakan bahan dasar rumah yang perlu untuk diperhatikan, karena kunci memiliki peranan yang besar dalam menjamin keamanan rumah kita.

Dari semua bahan bangunan yang telah kita bahas barusan, ada beberapa bahan yang cukup memakan banyak dana dan memiliki porsi yang jauh lebih besar dibangsingkan dengan bahan yang lainnya. Bahan-bahan tersebut diantaranya batu bata/batako, semen dan genteng. Karena jumlah dan harganya yang cukup tinggi maka anda perlu memberikan perhatian yang lebih terhadap bahan-bahan ini.

Batako

Seperti yang sudah kita bicarakan sebelumnya diatas bahwa Harga batako merupakan salah satu komponen dalam pembangunan rumah yang dibutuhkan dalam jumlah yang besar dan dengan akumulasi dana yang cukup besar, sehingga batako menjadi salah satu bahan bangunan yang perlu perhatian khusus dari anda. Batako yang saat ini banyak digunakan sebagai pengganti batu bata merah merupakan bahan yang akan membentuk dinding rumah anda, sehingga tidak heran bila jumlah yang dibutuhkan sangatlah banyak. Setiap diding yang membentuk ruang-ruang dalam rumah anda merupakan susunan rapi dari batako yang direkatkan dengan menggunakan semen dan pasir. Di Indonesia terdapat dua jenis batako yang sering banyak digunakan dalam membuat rumah yaitu:

  1. Batako Putih

Batako ini dibuat dengan menggunakan campuran tras, batu kapur, dan air, semua campuran ini kemudian dibakar untuk mendapatkan batako putih. Trans yang menjadi salah satu bahan pembuat batako putih merupakan tanah berwarna putih/putih kekuningan yang berasal dari pelapukan batu-batu gunung sehingga batako ini lebih banyak dapat kta jumpai di daerah yang banyak memiliki kapur. Harga Batako putih ini memiliki harga yang cenderung lebih murah dan pemasangannya relatif lebih mudah, namun batako ini juga memiliki banyak kekurangan. Batako putih ini cenderung lebih rapuh dan cenderung menyerap air sehingga dapat mengakibatkan tembok lembab. Batako putih bisanya lebih mudah retak dan dalam penggunaannya lebih banyak membutuhkan rangka beton

  1. Batako Press

Batako ini merupakan bata yang terbuat dari bagan semen PC dan pasir atau abu batu yang kemusian di press secara manual atau dengan menggunakan bantuan alat. Kedua batako ini cenderung sama, namun ada perbedaan disisi kepadatannya. Batako yang dipress dengan menggunakan mesin cenderung lebih padat dibandingkan dengan batako yang dikompress secara manual. Hal ini juga yang menyebabkan batako yang di press dengan mesin memiliki  harga yang lebih mahal dibandingkan dengan batako yang dipress secara manual.

Batako press seara keseluruhan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding dengan batako putih namun dengan harga yang lebih tinggi batako jenis ini memberikan banyak kelebihan. Batako press lebih kedap air, sehingga rembesan lebih kecil kemungkinannyaa dapat terjadi. Pemasangan batako press lebig mudah dibaandingkan dengan batako merah. Rangka beron yang dibutuhkan cenderung lebih sedikit. Ukuran batako press lebih seragam sehingga penggunaan spesi dan material plester dapat diperkecil.

Ketesediaanya juga sudah banak, sehingga mudah dijumpai dan harganya cenderung stabil (fluktuasi tidak terlalu tinggi). Namun penggunaan batako press juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya kemungkinan terjadinya lubang di dinding karena adanya lubang disisi bagian dalam batako sehingga sedikit kesulitasn dalam memasang prabot yang menempel di didinding. Insulasi panas dan udara tidak seleluasa didalam bangunan/ruangan tidak sebagus bila menggunakan batu bata

Bata Hebel

Apabila anda ingin mendapatkan pengganti batako yang baik lagi, anda dapat menjatuhkan pilihan anda pada hebel. Habel merupakan salah satu jenis bata yang dibuat sedemikian rupa agar memiliki bobot yang ringan dibanding dengan jenis bata yang lainnya. Bata hebel terbuat dari campuran pasir, semen, kimia busa dan air namun beberapa ada bula yang dibuat dari campuran kapur, gypsun dan pasta aluminium. Bata hebel terdiri dari dua jenis yaitu bata hebel AAC (Autoclaved Aerated Concrete), sedangkan jenis kedua adalah bata hebel CLC (Cellular Lightweight Concrete).

Bata ini memiliki nilai plus dan minus yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan dalam penggunaanya. Harga habel memang cenderung lebih murah dan dalam penggunaannya pun tidak memerlukan banyak perekat (dapat menghemat penggunaan semen). Bobot hebel lebih ringan san proses pemasangannyaa lebih cepat dibanding dengan jenis bata yang lain. Hebel memiliki ketahanan terhadaptekanan dan lebih tahan terhadap air (tidak mudah rembes). Memiliki daya kedap suara yang baik.

Ukuran dan kualitasnya umumnya seragam dan bila anda menggunakan hebel sebagai bagian tembok rumah anda, anda dapat melakukan pengiritan semen karena hanya menggukanan sedikit plester. Dengan begitu banyak kelebihan, hebel juga memiliki kekurangan dibanding dengan jenis bata lain  diantaranya ukurannya yang cukup besar, mengakibatkan banyak ukuran ruangan yang menjadi tanggung. Pemasangan hebel membutuhkan keterampilan yang sangat baik (lebih sulit dibandingkan dengan bata yang lain). Produksinya tidak sebanyaak jenis bata yang lain, sehingga lebih sulit untuk dijumpai.

Demikian artikel ini, semoga bermanfat bagi para pembaca mengenai perbandingan kualitas harga batako.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *