Desain Pagar Minimalis Untuk Rumah Anda Agar Lebih Menarik

Posted on
Desain Pagar Minimalis Untuk Rumah Anda Agar Lebih Menarik
Rate this post

Pagar minimalis sangatlah banyak modelnya, dan setiap model desainnya memiliki keunikan tersendiri. Penggunaan pagar yang unik dan indah sangatlah penting, karena mampu memberikan kesan yang bagus saat pengunjung datang. Penggunaan pagar minimalis tengah booming saat ini, hal ini dikarenakan banyaknya desain pagar minimalis yang dapat anda pilih dan anda sesuaikan dengan keserasian bangunan properti anda. Tidak hanya itu saja, konsep minimalis lebih diminati karena dianggap mampu menjadi solusi cerdas dalam emngatasi keterbatasan lahan.

Bahan Baku Pagar Minimalis

Dalam menentukan jenis bahan baku utama yang tepat untuk pagar yang akan anda gunakan memanglah sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Tidak hanya bahan baku, dalam menentukan sebuah desain atau konsep agar pagar yang akan anda gunakan serasi dan dapat terlihat lebih menarik sebagaimana impian anda juga merupakan hal yang cukup sulit.

pagar minimalis

  1. Pagar minimalis dari besi

Pagar besi minimalis adalah adalah sebuah pagar yang di desain dengan konsep minimalis namun menggunakan bahan dari besi. Meskipun memiliki harga jual yang relatif mahal. Namun penggunaan pagar besi lebih dipilih orang karena sifatnya yang kuat dibandingan dengan pagar yang berbahan dasar kayu. Saat ini telah bermunculan beragam jenis desain pagar dari besi yang tentunya memiliki keindahan yang beragam. Jenis pagar besi minimalis ini sangatlah cocok diaplikasikan pada rumah dengan konsep modern dan minimalis.

  1. Pagar minimalis dari batu alam

Bahan yang digunakan untuk pagar minimalis selanjutnya adalah batu alam. Pemilihan bahan ini dikarenakan batu memiliki bentuk yang kokoh dan modern. Batu alam yang sering diaplikasikan untuk dijadikan pagar bangunan tepatnya bangunan rumah adalah batu pualam. Pagar rumah minimalis yang terbuat dari batu alam biasanya akan terlihat lebih elegan dan jauh lebih menarik.

  1. Pagar minimalis dari kayu

Jenis pagar bangunan selanjutnya adalah berbahan dasar kayu. Jenis pagar yang satu ini biasanya lebih dipilih oleh mereka yang menyukai kesederhanaan namun tetap ingin terlihat menarik. Rumah yang diaplikasikan dengan pagar minimalis dari kayu tentunya akan terlihat lebih asri dan alami. Tidak hanya itu pagar yang berbahan utama kayu biasanya memiliki harga yang relatif leih murah daripada pagar dengan bahan lainnya.

  1. Pagar minimalis dari logam

Pagar rumah dari logam merupakan jenis pagar yang paling umum digunakan saat ini. Kualitasnya yang tidak cepat kusam dan pastinya kuat adalah faktor utama orang-orang menggunakannya.

  1. Pagar minimalis dari beton

Beton juga termasuk ke dalam bahan baku pagar untuk mendesai jenis pagar minimalis, bahannya yang kokoh dan kuat membuat kualitas beton terbilang cukup unggul di kalangan masyarakat.

  1. Pagar minimalis dari bambu

Bahan baku lainnya yang dapat didesain untuk dijadikan bahan baku pagar bambu minimalis adalah bambu.  Teksturnya yang terbilang sangat unik serta warna khasnya membuat bambu menjadi alternatif tepat dalam urusan memperindah rumah anda. Namun penggunaan bambu sebagai bahan dasar pagar tidaklah dapat bertahan lama, hal ini dikarenakan kualitas bambu yang cepat lapuk dan berjamur.

  1. Pagar minimalis dari batu bata

Batu bata merupakan bahan baku utama untuk membangun dinding rumah atau gedung. Namun tahukah anda, kini batu bata juga mulai didesain untuk membentuk pagar minimalis untuk rumah tercinta anda. Cara pengaplikasiannyapun cukup unik, anda hanya perlu mengekspos batu bata secara penuh tanpa perlu diplester sehingga pagar akan terlihat lebih natural dan alami. Pastikan anda secara rutin membersihkannya agar tidak berlumut.

Tips Memilih Pagar Minimalis

Saat memilih sebuah pagar untuk bangunan, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan, diantaranya:

  1. Sesuaikan dengan budget yang anda miliki, sebelum anda menentukan jenis pagar minimalis yang akan anda aplikasikan pada bangunan rumah anda, alangkah baiknya jika terlebih dahulu anda memeriksa budget yang anda miliki. Jangan pernah memaksakan diri anda untuk menggunakan jenis pagar yang mahal dan elegan padahal keuangan yang anda miliki pas-pasan karena hal itu justru akan mempersulit diri anda dikemudian hari yakni dikejar penagih hutang. Untuk itu pastikan anda telah merincikan sedetail mungkin mengenai biaya-biaya yang diperlukan untuk pembuatan pagar, mulai dari biaya bahan baku, hingga biaya pembuatannya. Anda tidak harus menggunakan bahan baku yang mahal untuk membuat rumah anda terlihat indah, karena kini telah hadir berbagai desain pagar minimalis yang terbuat dari bahan baku sederhana dan murah namun memiliki hasil yang luar biasa menarik.
  2. Pilihlah yang serasi dengan bangunan anda, dalam memilih sebuah desain pagar minimalis yang harus anda perhatikan adalah keserasiannya dengan bangunan rumah anda.
  3. Tentukan tinggi pagar, dalam menentukan tinggi pagar sebuah bangunan tidaklah dapat ditentukan dengan sembarangan. Pastikan keberadaan pagar tersebut tidak menutupi keindahan rumah anda. Tinggi pagar bangunan yang paling umum diaplikasikan pada bangunan rumah maksimal 1,5 meter dengan lebar 6 meter.
  4. Perhatikan jenis bahan yang digunakan, pastikan anda menggunakan jenis material yang cocok dengan kondisi lingkungan tempat anda tinggal. Sebagai contoh jika kondisi tempat tinggal anda rawan tindakan kriminal maka pastikan anda menggunakan bahan utama untuk pagar yang terbuat dari beton, besi mauapun batu bata, jangan sekali-kali anda menggunakan bahan kayu dan bambu.
  5. Perhatikan warna pagar dan cara perawatannya, dalam menentukan warna pagar anda harus menggunakan warna yang tidak terlalu mencolok. Serasikan dengan warna eksterior rumah anda. Warna-warna pagar minimalis yang biasa digunakan adalah abu-abu, putih, hitam, ungu dan biru. Sedangkan untuk pagar yang berbahan dasar kayu dan bambu, anda harus rutin melapisisnya dnegan obat anti rayap serta lapisan tahan cuaca. Sedangkan untuk pagar besari gunakan cat anti karat.

Harga Pagar Minimalis

Dalam memilih sebuah pagar untuk rumah anda, selain daripada desain dan konsep masih ada satu hal lagi yang harus anda perhatikan, yakni harganya. Jangan sampai anda menggunakan anggaran untuk pagar lebih banyak daripada anggaran untuk membuat fasad rumah.cara mempertimbangkan anggaran desain pagar, bahan baku yang digunakan serta biaya konstruksi untuk pembuatan pagar. Semakin rumit suatu desain maka otomatis sebakin besar biaya yang harus disiapkan.

Selain itu luas pagar juga akan berpengaruh terhadap harga pagar. Karena semakin luar pagar yang akan dibuat maka semakin banyak material yang akan dipergunakan. Ada beragam kisaran harga untuk pagar minimalis, diantaranya untuk jenis pagar rumah yang berbahan dasar kayu biasanya harga pagar minimalis tersebut berkisar antara Rp 350 ribu hingga Rp 550 ribu per meter persegi. Namun jika bahan baku utamanya bambu maka harga pagar minimalis terbaru biasanya akan dibanderol sekitaran Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu per 5 meter. Harga pagar besi untuk desain pagar minimalis berkisar antara Rp 350 ribu hingga Rp 500 Ribu per meter persegi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.